Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 146-147 | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 146-147

Orang-orang (yahudi dan nasrani) yang telah Kami beri al-Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. (QS. 2:146) Kebenaran itu adalah dari Rabb-mu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu. (QS. 2:147)

ORANG-ORANG YAHUDI MENGENAL NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM DAN MEREKA MENYEMBUNYIKAN KEBENARAN

Allah Subhanahu wa Ta'ala mengabarkan bahwa orang-orang yang berilmu dari kalangan ahlul kitab mengetahui kebenaran syari'at yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagaimana salah seorang di antara mengetahui dan mengenal anaknya sendiri. Orang Arab biasanya mengumpamakan kebenaran akan sesuatu dengan ungkapan tersebut. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada seorang lelaki yang tengah bersama seorang anak kecil: "Apakah ini anakmu?" Laki-laki itu menjawab, "Benar, wahai Rasulullah, aku bersaksi." Beliau bersabda,

"Sungguh ia tidak akan salah mengenalimu sebagaimana engkau juga tidak akan salah mengenalinya." (578)

===

Catatan Kaki:

578. Ahmad (IV/163). [Shahih: Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam kitab Shahiihul Jaami' (no. 1317)].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog