Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 142-143 (6) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 142-143 (6)

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa'id, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

"Pada hari Kiamat, Nuh عليه السلام akan dipanggil dan ditanya: 'Apakah engkau telah menyampaikan (risalah)?' Nuh menjawab, 'Sudah.' Kemudian kaumnya diseru dan ditanya: 'Apakah Nuh telah menyampaikan (risalahnya) kepada kalian?' Mereka pun menjawab, 'Tidak ada pemberi peringatan dan tidak ada seorang pun yang datang kepada kami.' Kemudian Nabi Nuh ditanya: 'Siapakah yang dapat bersaksi untukmu?' Nuh menjawab, 'Muhammad dan umatnya.' Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 'Yang demikian itulah firman Allah, 'Dan demikian juga Kami telah menjadikanmu (umat Islam) umat yang adil dan pilihan.' Beliau bersabda, 'Al-wasath berarti adil. Llau kalian diseru dan diminta memberi kesaksian bagi Nuh tentang penyampaian risalah. Lalu aku pun memberikan kesaksian atas diri kalian.'" (563)

Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bukhari, at-Tirmidzi, an-Nasa-i, dan Ibnu Majah. (564)

===

563. Ahmad (III/32).

564. Fat-hul Baari (VIII/21), Tuhfatul Ahwadzi (VIII/297), an-Nasa-i dalam al-Kubra (VI/292) dan Ibnu Majah (II/1432). [Al-Bukhari (no. 3339), at-Tirmidzi (no. 2961), Ibnu Majah (no. 4282)].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog