Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 111-113 (3)

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah

Al-Baqarah, Ayat 111-113 (3)

Ibnu Juraij mengatakan, "Aku berkata kepada 'Atha', 'Siapa yang dimaksud dengan orang-orang yang tidak mengetahui?' Ia menjawab, '(Mereka adalah) umat-umat sebelum yahudi dan nasrani dan sebelum turunnya Taurat dan Injil.'" (434)

Begitu pula tentang Firman-Nya, "Demikian pula orang-orang yang tidak mengetahui," as-Suddi mengatakan, "Mereka adalah orang-orang Arab yang mengatakan bahwa Muhammad tidak mempunyai pegangan apa pun." (435)

Sedangkan Abu Ja'far bin Jarir memilih pendapat yang mengatakan bahwa hal itu bersifat umum yang berlaku bagi seluruh manusia. Dan tidak ada dalil pasti yang menetapkan salah satu dari beberapa pendapat tersebut. Maka tepatlah jika membawanya kepada makna di atas (berlaku umum). Wallaahu a'lam.

Firman Allah Ta'ala, "Maka Allah akan mengadili di antara mereka pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya." Artinya, sesungguhnya Allah Ta'ala mengumpulkan mereka pada hari Kiamat kelak serta memutuskan hukum di antara mereka dengan ketentuan-Nya yang adil dan tidak mengandung kezhaliman dan mereka tidak akan dizhalimi walau sedikit pun.

Ayat ini sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam surat al-Hajj,

"Sesungguhnya orang-orang beriman, orang-orang yahudi, orang-orang shabi-in, orang-orang nasrani, orang-orang majusi dan orang-orang musyrik, Allah akan memberi keputusan di antara mereka pada hari Kiamat. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu." (QS. Al-Hajj: 17)

Dan sebagaimana Firman-Nya,

"Katakanlah, 'Rabb kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan di antara kita dengan benar. Dan Dia Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui.'" (QS. Saba': 26)

===

Catatan Kaki:

434. Ibnu Abi Hatim (I/340).

435. Ibnu Abi Hatim (I/340).

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog