Skip to main content

Berlebih-lebihan Dalam Menu Berbuka Shiyam | Bekal di Bulan Ramadhan

Fatawa Ash-Shiyam

Bekal di Bulan Ramadhan

Berlebih-lebihan Dalam Menu Berbuka Shiyam

Soal: Apakah pemborosan (berlebih-lebihan) dalam makanan yang dihidangkan untuk berbuka shiyam akan mengurangi pahala shiyam?

Jawab: Hal tersebut tidaklah mengurangi pahala shiyam. Dan perbuatan yang haram setelah selesainya shiyam tidak akan mengurangi pahala shiyam, akan tetapi (berlebih-lebihan dalam makanan yang dihidangkan untuk berbuka shiyam) termasuk dalam firman Allah Ta'ala:

"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raaf: 31)

Israaf (pemborosan) adalah diharamkan, sedangkan yang namanya penghematan adalah separo dari kehidupan. Maka jika mereka memiliki kelebihan makanan hendaklah mereka menshadaqahkannya, dan hal itu lebih utama.

Syaikh Ibnu 'Utsaimin

=====

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Fatawa Ash-Shiyaam Syaikh Abdul 'Aziz bin Abdullah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin, Syaikh Abdullah Al-Jibrin, Penyusun: Muhammad Al-Musnid, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Bekal di Bulan Ramadhan, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Editor: Ustadz Abdullah Manaf Amin, Penerbit: At-Tibyan - Solo, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun.

Popular posts from this blog