Skip to main content

Perkara yang Dianjurkan dan Diwajibkan Atas Orang yang Shiyam | Bekal di Bulan Ramadhan

Fatawa Ash-Shiyam

Bekal di Bulan Ramadhan

Perkara yang Dianjurkan dan Diwajibkan Atas Orang yang Shiyam

Soal: Apa saja yang dianjurkan kepada orang yang shiyam dan apa yang diwajibkan atasnya?

Jawab: Dianjurkan kepada orang-orang yang shiyam agar memperbanyak amal ketaatan dan menjauhi semua larangan-larangan Allah Ta'ala. Dan wajib atasnya menjaga semua perintahnya dan menjauhkan diri dari semua larangan-larangan Allah Ta'ala. Hendaklah ia shalat lima waktu pada waktunya dengan berjama'ah di masjid, meninggalkan dusta, ghibah, menipu dan semua perbuatan yang berkaitan dengan riba. Juga menjauhkan diri dari setiap ucapan dan perbuatan yang diharamkan. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatannya maka Allah Ta'ala tidak butuh kepada shiyamnya, dimana dia meninggalkan makan dan minumnya."

Syaikh Ibnu 'Utsaimin

=====

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Fatawa Ash-Shiyaam Syaikh Abdul 'Aziz bin Abdullah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin, Syaikh Abdullah Al-Jibrin, Penyusun: Muhammad Al-Musnid, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Bekal di Bulan Ramadhan, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Editor: Ustadz Abdullah Manaf Amin, Penerbit: At-Tibyan - Solo, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun.

Popular posts from this blog