Skip to main content

Sabar terhadap gangguan isteri

Pernikahan termasuk tanda-tanda kekuasaan ALLOH

8. Sabar terhadap gangguan isteri

Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabar terhadap gangguan isterinya, terkadang para isteri beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam menggugatnya sebagaimana yang dikatakan oleh para 'ulama.

Dalam hadits:

"Sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas, jika kamu meluruskannya tulang itu akan patah, maka berbuat baiklah kepada wanita." (35)

Demikianlah wanita diciptakan dalam keadaan bengkok, padanya ada kebaikan dan keburukan. Maka wahai hamba ALLOH berlemah lembutlah kepada mereka. Jika kamu menginginkan seorang wanita yang sempurna sifatnya, tak akan kamu dapati dan tidak mungkin. Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda:

"Janganlah seorang Mukmin membenci Mukminah, jika dia benci salah satu sifatnya mungkin dia suka pada sifatnya yang lain." (36)

Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabar ketika para isterinya meminta nafkah (yang lebih). Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam mengisolir mereka selama sebulan di tempat tidur, ALLOH pun menurunkan ayat:

"Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, 'Jika kalian menginginkan kehidupan dunia dan perhiasannya, maka marilah supaya kuberikan kepada kalian kesenangan dan aku akan ceraikan kalian dengan cara yang baik. Dan jika kalian menghendaki keridhoan ALLOH dan Rosul-NYA serta kesenangan akhiroh, maka sesungguhnya ALLOH memyediakan bagi siapa yang berbuat baik di antaramu pahala yang besar."
(Qur-an Suroh al-Ahzab: ayat 28-29) (37)

Suatu hari Usamah bin Zaid ro-dhiyaLLOOHU 'anhu ditemukan dekat pintu dalam keadaan berdarah wajahnya. Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam menyuruh 'Aisyah ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma membersihkan lukanya, tapi 'Aisyah merasa jijik dan takut untuk membersihkan lukanya. Maka beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam pun membersihkan sendiri darah dari wajah Usamah. Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam tidak mencaci atau mencela 'Aisyah, justru beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam yang melakukannya sendiri, beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda:

"Walaupun Usamah seorang hamba sahaya, aku sungguh akan memberinya perhiasan dan pakaian sampai aku menikahkannya." (38)

Itulah akhlaq beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam yang tinggi, adapun sekarang jika seorang suami meminta kepda isterinya untuk mengambilkan segelas air kemudian terlambat, diapun mencercanya dan mencelanya, sementara dia sendiri tidak mau melakukan satupun tugas pekerjaan rumah.

===

(35) Riwayat Imam al-Bukhori dalam kitab Nikah, bab al-Washo bin Nisaa nomor 4787, juga dalam bab al-Mudaaroh Ma'a an-Nisaa nomor 4786.

(36) Riwayat Imam Muslim dalam kitab ar-Rodhoo, bab al-Washiyyah bin Nisaa 2/1091 nomor 1469, dan Imam Ahmad 2/329, dan Imam al-Baihaqi dalam kitab Sunan Kubro 7/295 nomor 14504, dan Imam Abu Ya'la dalam kitab Musnad-nya 11/303 nomor 6418.

(37) Riwayat Imam al-Bukhori dalam kitab Tafsir 4/1796 nomor 4507, 4508, dan Imam Muslim dalam kitab Tholaq, bab Bayaan Anna Tajhyiir Imro 'Atihi Laa Yakunu Tholaqon Illa Bin Niyyah 2/1103 nomor 1475.

(38) Riwayat Imam Ibnu Majah dalam kitab Nikah, bab asy-Syafa'ah dii Tazwij 1/635 nomor 1976, kata al-Bushiri: "Isnadnya shohih jika ternyata al-Bahiy mendengar dari 'Aisyah." Diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad 6/139, 22, dan Imam Ibnu Hibban dalam kitab al-Ihsan yang ditertibkan oleh Ibnu Balban, kitab Ikhbaruhu shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam 'an Manaqib ash-Shohabah Rijalihim wa Nisaa-ihim 15/532 nomor 7056.

===

Sumber:
Kitab: an-Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam fii bay-tihi, Penulis: Dr. Muhammad bin Musa Alu Nashr, Judul terjemahan: Rumah Tangga Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, Penerjemah: Badrus Salam, Penerbit: Pustaka Imam Bukhori - Solo, Cetakan I, Januari 2003.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog