Skip to main content

Pernyataan para imam untuk mengikuti Sunnah dan meninggalkan yang menyalahi Sunnah (2)

Pernyataan para imam untuk mengikuti Sunnah dan meninggalkan yang menyalahi Sunnah (2)

Kiranya ada gunanya di sini aku paparkan sebagian atau seluruhnya ucapan-ucapan yang aku ketahui dari mereka. Semoga kutipan ini dapat menjadi pelajaran dan peringatan bagi mereka yang taqlid kepada para imam atau kepada yang lainnya dengan cara membabi buta (9), dan berpegang pada madzhab dan pendapat mereka seolah-olah hal itu seperti sebuah firman yang turun dari langit. ALLAH berfirman:

"Ikutilah oleh kalian apa yang telah diturunkan kepada kalian dari RABB kalian dan janganlah kalian mengikuti pemimpin-pemimpin selain DIA. Sungguh sedikit sekali kamu ingat kepada-NYA."
(Qur-an Surah al-A'raf (7): ayat 3)

Berikut ini aku paparkan pernyataan para Imam madzhab:

2. Malik bin Anas rahimahullaah

Imam Malik bin Anas rahimahullaah menyatakan:

a. "Aku hanyalah seorang manusia, terkadang salah, terkadang benar. Oleh karena itu, telitilah pendapatku. Bila sesuai dengan al-Qur-an dan as-Sunnah, ambillah; dan bila tidak sesuai dengan al-Qur-an dan as-Sunnah, tinggalkanlah." (14)

b. "Siapa pun perkataannya bisa ditolak dan bisa diterima, kecuali hanya Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sendiri." (15)

c. Ibnu Wahhab berkata: "Aku pernah mendengar Malik menjawab pertanyaan orang tentang menyela-nyela jari-jari kaki dalam wudhu", jawabnya: 'Hal itu bukan urusan manusia'." Ibnu Wahhab berkata: "Lalu aku tinggalkan beliau sampai orang-orang yang mengelilinginya tinggal sedikit, kemudian aku berkata kepadanya: 'Kita mempunyai hadits mengenai hal tersebut.' Beliau bertanya: 'Bagaimana hadits itu?' Aku jawab: 'Laits bin Sa'ad, Ibnu Lahi'ah, 'Amr bin Harits, meriwayatkan kepada kami dan Yazid bin 'Amr al-Mu'afiri, dari Abu 'Abdirrahman al-Habali, dari Mustaurid bin Syaddad al-Qurasyiyyi, ujarnya: Aku melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menggosokkan jari manisnya pada celah-celah jari-jari kakinya.' Malik menyahut: 'Hadits ini hasan, aku tidak mendengar ini sama sekali, kecuali kali ini.' Kemudian di lain waktu aku mendengar beliau ditanya orang tentang hal yang sama, lalu beliau menyuruh orang itu untuk menyela-nyela jari-jari kakinya." (16)

Bersambung...

===

(14) Ibnu 'Abdil Barr dan dari dia juga Ibnu Hazm dalam kitabnya Ushul al-Ahkam 6/149, begitu pula al-Fulani halaman 72.

(15) Di kalangan 'ulama mutaakhir hal ini populer dinisbatkan kepada Imam Malik rahimahullaah dan dinyatakan shahihnya oleh Ibnu 'Abdil Hadi dalam kitabnya Irsyad as-Salik 1/227. Diriwayatkan juga oleh Ibnu 'Abdil Barr dalam kitab al-Jami' 2/291, Ibnu Hazm dalam kitab Ushul al-Ahkam 6/145, 179, dari ucapan Hakam bin Utaibah dan Mujahid. Taqiyuddin Subuki menyebutkannya dalam kitab al-Fatawa 1/148 dari ucapan Ibnu 'Abbas. Karena ia merasa takjub atas kebaikan pernyataan itu, ia berkata: "Ucapan ini diambil oleh Mujahid dari Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhu, kemudian Malik rahimahullaah mengambil ucapan kedua orang itu, lalu orang-orang mengenalnya sebagai ucapan beliau sendiri."
Komentarku: Kemudian Imam Ahmad rahimahullaah pun mengambil ucapan tersebut. Abu Dawud dalam kitab Masaail Imam Ahmad halaman 276 mengatakan: "Aku mendengar Ahmad berkata: 'Setiap orang pendapatnya ada yang diterima dan ditolak, kecuali Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam'."

(16) Muqoddimah kitab al-Jarh wa at-Ta'dil, karya Ibnu Abi Hatim halaman 31-32 dan diriwayatkan secara lengkap oleh al-Baihaqi dalam kitab Sunan-nya 1/81.

===

Maroji'/ Sumber:
Kitab: Shifatu Shalaati an-Nabiyyi shallaLLAAHU 'alay-hi wa sallama min at-Takbiiri ilaa at-Tasliimi Ka-annaka Taraaha, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahuLLAAH, Penerbit: Maktabah al-Ma'aarif Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan kedua, Edisi revisi, Tahun 1417 H/ 1996 M. Judul terjemahan: Sifat Shalat Nabi shallaLLAAHU 'alay-hi wa sallam, Penerjemah: Muhammad Thalib, Penerbit: Media Hidayah Yogyakarta - Indonesia, Cetakan pertama, Desember 2000 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog