Skip to main content

Hal-hal yang diharomkan atas kerabat mayat: Membiarkan jenggot tumbuh untuk sementara

Hal-hal yang diharomkan atas kerabat mayat

6. Membiarkan jenggot tumbuh untuk sementara

Sebagian orang ada yang membiarkan jenggotnya tumbuh untuk beberapa hari lamanya sebagai bentuk kesedihan mereka atas kematian salah seorang kerabatnya. Jika hari-hari masa berkabungnya telah lewat, maka mereka akan mencukur jenggotnya kembali.

Tindakan seperti ini tak ubahnya seperti membiarkan rambut terurai ketika merasakan kesedihan atas kematian seseorang yang mana semua itu merupakan perbuatan bid'ah. Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Setiap bid'ah adalah kesesatan, dan setiap kesesatan tempatnya di Neraka."

Ketahuilah, sesungguhnya berhias diri dengan cara mencukur jenggot sebagaimana yang dilakukan oleh banyak orang adalah termasuk perbuatan maksiat. Hal ini berdasarkan ijma' empat imam madzhab dan juga 'ulama yang lain, karena tindakan tersebut bertentangan dengan dalil-dalil syar'i dalam agama Islam. Kita dapat merujuk kembali tentang masalah ini dalam kitab "Adab az-Zifaf" halaman 118-123.

Bersambung...

===

Maroji':
Kitab: Talkhiish ahkaamul janaa-iz wa bida'uha, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Panduan praktis hukum jenazah, Penerjemah: Muhammad Dahri Lc dkk, Penerbit: Darus Sunnah Press - Jakarta, Cetakan I, 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog