Skip to main content

Benarkah Cara Anda Bermadzhab: Imam yang harus diikuti dan diteladani adalah Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam

Imam yang harus diikuti dan diteladani adalah Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam

Al-Allamah 'Abdul Haq ad-Dahlawi berkomentar di dalam kitab Syarhu ash-Shirothil Mustaqim, "Sesungguhnya imam yang harus diikuti dan diteladani untuk menjalankan kebenaran hanyalah Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam. Jika demikian halnya, maka meneladani selain beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam tidak dibenarkan oleh akal yang sehat. Itulah hakikat jalan yang telah dilalui oleh as-Salafush Sholih. Semoga ALLOH menjadikan kita termasuk di antara orang yang mengikuti jalan mereka."

Al-Imam asy-Syafi'i rohimahuLLOOH berkata, "Kaum Muslimin telah bersepakat bahwa barangsiapa telah jelas baginya Sunnah Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, maka harom baginya meninggalkan Sunnah tersebut hanya karena ucapan seseorang." (75)

Tidak diragukan lagi bahwa pengikut kebenaran itu adalah mereka yang mengikuti Sunnah Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dan yang mengerjakan perintahnya, walaupun mereka melakukannya terkadang begini dan terkadang begitu. Demikian juga mereka mengikuti Khulafa-ur Rosyidin dan para Shohabat yang mendapat petunjuk ro-dhiyaLLOOHU 'anhum setelah beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam wafat, sebagaimana firman ALLOH,

"Katakanlah, 'Jika kamu (benar-benar) mencintai ALLOH, ikutilah aku, niscaya ALLOH mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu'..."
(Qur-an Suroh Ali 'Imron: ayat 31)

Dan firman-NYA yang lain,

"...Apa yaang diberikan Rosul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah."
(Qur-an Suroh al-Hasyr: ayat 7)

Dan selain dua ayat tersebut di atas.

===

(75) Lihat kitab I'lamul Muwaqqi'in karya Imam Ibnul Qoyyim al-Jauziyah, 1/7.

===

Sumber:
Kitab: Halil Muslim Mulzam bittiba' Madzhab Mu'ayyan Minal Madzahib al-Arba'ah, Penulis: Syaikh Muhammad Sulthon al-Ma'shumi al-Khujandi, Penerbit: Dar Ibnul Qoyyim Dammam - Kerajaan Saudi Arobia, Cetakan I, Tahun 1422 H/ 2001 M. Judul terjemahan: Benarkah cara anda bermadzhab, Penerjemah: Abu Humaira Lc, Penerbit: Darul Haq Jakarta, Cetakan I, Tahun Robiul Awwal 1426 H/ April 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog