Skip to main content

Benarkah Cara Anda Bermadzhab: Dasar pendapat yang mewajibkan agar berpegang pada madzhab tertentu dikarenakan adanya unsur politik

Dasar pendapat yang mewajibkan agar berpegang pada madzhab tertentu dikarenakan adanya unsur politik

Seorang hamba yang lemah, al-Ma'shumi berkata, "Sesungguhnya ucapan yang mewajibkan agar berpegang terhadap madzhab tertentu hanyalah karena sebuah konsekuensi politik, evolusi zaman dan kepentingan pribadi. Seperti halnya tidak luput bagi orang yang berakal dan yang memiliki pengalaman dengan sejarah, sebagaimana akan kami jelaskan di bawah ini dengan gamblang. Perkara yang wajib adalah mengenal kebenaran dan merealisasikannya dalam kehidupan.

Ketahuilah bahwa madzhab yang haq dan wajib diikuti adalah madzhab Nabi kita, Muhammad shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam. Beliaulah imam besar yang wajib untuk dijadikan panutan. Kemudian madzhab Khulafa-ur Rosyidin ro-dhiyaLLOOHU 'anhum. Kami perintahkan seseorang secara personil hanya mengikuti Muhammad shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dan bukan terhadap yang lainnya. ALLOH berfirman,

"...dan apa yang diberikan Rosul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu makaa tinggalkanlah..."
(Qur-an Suroh al-Hasyr: ayat 7)

Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Ambillah Sunnahku dan Sunnah para Kholifah yang terbimbing dan yang mendapat petunjuk..." (67)

Tidak pernah Abu Hanifah, Malik maupun salah satu dari para imam rohimahumuLLOOH mengucapkan, "Kalian ambillah ucapanku!" Atau "Bermadzhablah dengan madzhabku." Abu Bakar maupun 'Umar ro-dhiyaLLOOHU 'anhum tidak pernah mengatakan hal itu, bahkan mereka melarangnya. Bila awalnya seperti itu, maka dari mana munculnya madzhab-madzhab tersebut? Mengapa hal itu bisa terkenal dana membekas di tengah kehormatan kaum Muslimin? Perhatikanlah! Menyebarnya hal itu hanya terjadi setelah generasi terbaik (para Shohabat ro-dhiyaLLOOHU 'anhum) yang disebabkan oleh pemimpin yang zholim, para hakim yang jahil dan 'ulama yang menyesatkan.

===

(67) Telah ditakhrij di atas.
===

Sumber:
Kitab: Halil Muslim Mulzam bittiba' Madzhab Mu'ayyan Minal Madzahib al-Arba'ah, Penulis: Syaikh Muhammad Sulthon al-Ma'shumi al-Khujandi, Penerbit: Dar Ibnul Qoyyim Dammam - Kerajaan Saudi Arobia, Cetakan I, Tahun 1422 H/ 2001 M. Judul terjemahan: Benarkah cara anda bermadzhab, Penerjemah: Abu Humaira Lc, Penerbit: Darul Haq Jakarta, Cetakan I, Tahun Robiul Awwal 1426 H/ April 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog