Skip to main content

Macam-macam jiwa

Kematian

Macam-macam jiwa

Jiwa memiliki tiga macam:

Pertama, jiwa yang memerintahkan keburukan. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman seraya mengisahkan isteri penguasa Mesir:

"Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan."
(Qur-an Suroh Yusuf: ayat 53)

Ketika hawa nafsu mengalahkan jiwa dengan melakukan berbagai dosa dan maksiat, itulah jiwa yang memerintahkan keburukan.

Kedua, jiwa yang menyesali diri. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

"Dan AKU bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (diri sendiri)."
(Qur-an Suroh al-Qiyamah: ayat 2)

Jiwa yang menyesali diri adalah jiwa yang melakukan dosa kemudian bertaubat. Disebut seperti itu karena jiwa ini mencela si pemilik atas berbagai dosa dan kemaksiatan yang dilakukan.

Ketiga, jiwa yang tenang. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

"Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada ROBB-mu dengan hati yang puas lagi diridhoi-NYA. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-KU, masuklah ke dalam Surga-KU."
(Qur-an Suroh al-Fajr: ayat 27-30)

Jiwa yang tenang adalah jiwa yang menyukai dan menginginkan kebaikan, membenci dan tidak menyukai keburukan.

Pensyaroh kitab ath-Thohawiyyah menjelaskan, banyak sekali yang menyatakan, manusia memiliki tiga jiwa: jiwa yang tenang, jiwa yang menyesali diri dan jiwa yang memerintahkan keburukan. Sebagian manusia ada yang dikuasai jiwa yang ini dan ada juga yang dikuasai jiwa yang itu. Yang benar, jiwa hanya satu namun memiliki sifat yang berbeda. Pada dasarnya jiwa manusia memerintahkan keburukan, saat iman datang berubah menjadi jiwa yang menyesali diri, melakukan dosa kemudian mencela si pelaku dan menyesali antara melakukan dosa dan meninggalkan perintah, kemudian setelah keimanan menguat, jiwa menjadi tenang. (37)

===

(37) Kitab Syarh ath-Thohawiyyah, halaman 349-395.

===

Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadiroh fii Shohiih ad-Daaril Akhiroh, Penulis: Dr. Ahmad Musthofa Mutawalli, judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhiroh) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing - Bogor, Cetakan II, Robiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog