Skip to main content

‎​Pilihan yang terbaik di mata suami: Kaya

‎​Pilihan yang terbaik di mata suami

1. Kaya

Kekayaan yang terpuji di tangan wanita ialah jika kekayaan itu diikat dengan ketaqwaan. Harta yang dimiliki wanita sholihah dan bukan kebalikannya sangat dibutuhkan dalam 'amal kebaikan, menciptakan ketentraman dan kebahagiaan rumah tangga. Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,
"Sungguh suatu kenikmatan, harta yang baik, dimiliki orang yang sholih."
(Hadits Riwayat Imam Ahmad, sanad hasan)

Harta tanpa disertai kesholihan atau ketaqwaan, melahirkan sifat kesewenang-wenangan wanita, kejahatan terhadap suami dan kecelakaan bagi rumah tangga. ALLOH berfirman,
"Sesungguhnya manusa benar-benar melampaui batas, karena dia melihat dirinya serba cukup."
(Qur-an Suroh al-Alaq: 6-7)

Apa manfaat harta jika disertai akhlaq yang buruk, tabiat yang jahat dan ketaqwaan yang minim?

Rumah tangga yang dibangun karena terpesona pada harta wanita dan kerakusan untuk mendapatkannya adalah rumah tangga yang cepat ambruk. Sebab laki-laki menikahi hanya didorong keinginan untuk mendapatkannya harta bendanya. Jika seorang wanita merasakan kerakusan laki-laki terhadap harta, tentu kehidupannya akan mengalami krisis dan hubungan antara suami istri hanya sekedar hubungan kamuflase. Sebab wanita itu berdiri di atas ketamakan seorang tengkulak. Jika diberi harta, maka laki-laki itu senang, dan jika tidak diberi harta, maka dia akan marah.

Selagi laki-laki menghadapi wanita dengan tabiat seperti ini, maka wanita itu akan menghadapi kehidupan yang sempit. Sehingga laki-laki tersebut tidak mau memperlaukannya sebagai istri kecuali jika dia mempunyai harta. Alhasil kehidupannya berubah menjadi ajang bisnis yang merugi, lalu akan hancur.

Namun jika wanita mempunyai harta yang melimpah, dan harta itu bukan merupakan tujuan pokok dalam membangun rumah tangga, tetapi hanya sekedar pelengkap, maka harta itu bisa menjadi penolong hingga meninggal dunia dapat membantu suami yang mampu menahan diri dan menolong wanita sholihah agar menjadi istri.
===

Live from BlackBerry® on esia max-d, Internet Max, Biaya Mini.

Popular posts from this blog