Skip to main content

‎​Pilihan yang terbaik di mata suami: Gadis

‎​Pilihan yang terbaik di mata suami

5. Gadis

Syari'at menganjurkan kaum laki-laki agar mencari wanita yang masih gadis, karena wanita gadis lebih mencintai suaminya dan lebih bisa menyatu dengannya daripada janda. Sebagaimana biasanya, tabiat manusia lebih menyayangi orang yang pertama kali mengikat hubungan dengannya. Dari Jabir rodhiyaLLOOHU 'anhu, dari Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Beliau bersabda,

"Carilah wanita-wanita gadis (sebagai istri), karena mereka lebih banyak keturunannya, lebih manis mulutnya, lebih sedikit kejelekannya, dan lebih ridho terhadap sesuatu yang sedikit."
(Hadits Riwayat Imam ath-Thobroni)

Namun jika di sana ada kemaslahatan yang lebih nyata dengan menikahi janda maka pernikahan itupun tidak apa-apa. Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam pernah memberkahi Jabir atas perkawinannya dengan seorang janda, setelah Beliau tahu niatnya agar sang istri mau membantu dalam mengasuh sembilan saudari-saudarinya.

Dari Jabir bin 'Abdillah rodhiyaLLOOHU 'anhu, dia berkata, "Ayahku meninggal dunia dan meninggalkan tujuh atau sembilan putri. Lalu aku menikah dengan seorang janda. Kemudian Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda kepadaku, "Apakah engkau sudah menikah wahai Jabir?" Aku menjawab, "Sudah." Beliau bersabda, "Gadis atau janda." Aku menjawab, "Tetapi janda." Beliau bertanya, "Mengapa tidak memilih gadis, sehingga engkau bisa mencandainya dan dia pun bisa mencandaimu, engkau bisa tertawa dengannya dan dia bisa tertawa denganmu?" Aku menjawab, "Sesungguhnya 'Abdulloh telah meninggal dunia dan meninggalkan beberapa anak putri. Sesungguhnya aku tidak suka mendatangi mereka dalam keadaan seperti itu. Lalu aku menikahi seorang wanita untuk mengurusi mereka dan demi kemaslahatan mereka." Beliau bersabda, "Semoga ALLOH memberkahi bagimu atau melimpahkan kebaikan kepadamu."
(Hadits Riwayat Imam al-Bukhori)
Live from BlackBerry® on esia max-d, Internet Max, Biaya Mini.

Popular posts from this blog