Skip to main content

Muqaddimah (4) | Kisah Dajjal dan Turunnya 'Isa untuk Membunuhnya

Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihis shalaatu was salaam wa Qatlihi Iyyaahu.

Kisah Dajjal dan Turunnya 'Isa 'alaihis salaam untuk Membunuhnya.

BAGIAN PERTAMA.

MUQADDIMAH PENULIS.

Latar Belakang Penulisan Buku ini.

Oleh karena itu, sesudah saya merampungkan studi hadits tersebut dan redaksinya serta menyelesaikan pula takhrij hadits-hadits lain sebagai syawahidnya, laly saya tuliskan pada buku saya "Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah" dengan nomor (2457), maka muncullah dalam benak saya gagasan bagus, yaitu menyelidiki faidah-faidah yang maksud di muka untuk kemudian mengumpulkannya di tempat yang sesuai dengan apa yang ada di hadits Abu Umamah radhiyallahu 'anhu untuk dirangkai menjadi satu rangkaian hadits (yang utuuh), sebagaimana hal itu pernah saya lakukan dalam penulisan buku "Hajjatun Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kamaa Rawaahaa jabir radhiyallahu 'anhu" meski ada perbedaan menonjol antara kedua hadits tersebut. Buku yang pertama "Hajjatun Nabi..." khusus hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Jabir radhiyallahu 'anhu sendiri dan tidak ditambahi dengan riwayat-riwayat Sahabat selainnya. Saya telah meneliti hadits-hadits tersebut, lalu setiap ada tambahan (di hadits lain) yang shahih saya letakkan pada tempatnya yang sesuai untuk kemudian menyuguhkan dan menuliskan hadits Jabir radhiyallahu 'anhu sebagai hasil riwayat Muslim dari Abu Ja'far al-Baqir, dari Jabir.

Adapun hadits Abu Umamah, saya telah menggabungkan padanya sejumlah hadits dari riwayat-riwayat Sahabat lain yang shahih yang jumlah mereka lebih dari dua puluh orang Sahabat sebagaimana telah saya singgung di muka.

Ide serta gagasan yang saya maksud di atas senantiasa menghampiri saya dan berputar-putar di pikiran, hingga akhirnya ia menguat dan mendorong saya untuk merealisasikannya. Itu saya lakukan sesudah saya melihat urgensinya dan tuntutan yang mendesak untuk disampaikan kepada khalayak manusia dalam bentuk pemaparan yang baik lagi mudah dijangkau dan dimengerti oleh mereka -sesuai latar belakang pendidikan, keilmuan serta status sosial masing-masing- dan menyatukan hadits-hadits yang bercerai-berai yang sangat sulit bisa dipahami isinya oleh orang-orang khusus (berpendidikan), lebih-lebih oleh orang-orang awam.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjaali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihish shalaatu was salaamu wa Qatlihi Iyyaahu, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Islamiyyah, 'Amman - Yordan, Cetakan I, 1421 H, Judul terjemahan: Kisah dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya, Penerjemah: Beni Sarbeni, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

Popular posts from this blog