Skip to main content

Muqaddimah (3) | Kisah Dajjal dan Turunnya 'Isa untuk Membunuhnya

Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihis shalaatu was salaam wa Qatlihi Iyyaahu.

Kisah Dajjal dan Turunnya 'Isa 'alaihis salaam untuk Membunuhnya.

BAGIAN PERTAMA.

MUQADDIMAH PENULIS.

Latar Belakang Penulisan Buku ini.

Maka dari itu,s aya memusatkan perhatian untuk melakukan penelitian dan studi terhadap hadits di muka, kalimat per kalimat bahkan lafazh per lafazh, serta berusaha menyebutkan hadits-hadits lain sebagai pendukung terhadap klaimat-kalimat tersebut sebatas yang mampu saya lakukan, kemudian melakukan takhrij terhadap hadits-hadits tersebut secara keseluruhan dan mengomentari sanad-sanadnya untuk mengetahui status akhirnya; shahih atau dha'if berdasarkan pada kaidah-kaidah ilmu hadits yang ada (yaitu dalam menentukan status hadits; shahih, hasan, atau bahkan dha'if). Di samping itu saya juga berusaha mencari mutabi' serta syahid (hadits-hadits pendukung) yang dapat membantu saya membersihkan hadits tersebut dari unsur kelemahan yang ada padanya, baik dari sisi matan ataupun sanadnya, maksudnya hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah di muka.

Sesudah dilakukan studi mendalam dan telaah kritis terhadap hadits di muka, akhirnya menjadi jelas bagi saya bahwa hadits di atas dengan seluruh redaksi yang ada, kecuali hanya sedikit saja masuk dalam kategori hadits hasan lighairihi. Bahkan kebanyakan dari hadits-hadits tersebut termasuk mutawatir yang tidak diragukan lagi validitasnya dan bersumber dari Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Di antaranya adalah yang terkait dengan kemunculan dajjal yang buta sebelah mata, juga turunnya Nabi 'Isa 'alaihis salam dari langit dan terbunuhnya dajjal olehnya.

Adalah wajar sekali saya menemukan manfaat yang banyak sekali dari hadits-hadits yang saya teliti (takhrij) tentang 'Isa 'alaihis salam serta dajjal yang buta sebelah mata, yang itu tidak saya dapatkan dalam hadits Abu Umamah. Terlebih jumlah hadits tentang itu mencapai sekitar tiga puluh buah hadits yang diriwayatkan lebih dari dua puluh Sahabat. Ada sebagian atau sebuah hadits yang diriwayatkan dari seorang Sahabat melalui beberapa jalur periwayatan, khususnya hadits dari Abu Hurairah. Saya telah menemukan sepuluh jalur periwayatan dari dirinya (Abu Hurairah). Pada masing-masing jalur terdapat faidah serta tambahan yang tidak ada pada jalur yang lainnya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjaali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihish shalaatu was salaamu wa Qatlihi Iyyaahu, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Islamiyyah, 'Amman - Yordan, Cetakan I, 1421 H, Judul terjemahan: Kisah dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya, Penerjemah: Beni Sarbeni, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

Popular posts from this blog