Skip to main content

Muqaddimah (13) | Kisah Dajjal dan Turunnya 'Isa untuk Membunuhnya

Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihis shalaatu was salaam wa Qatlihi Iyyaahu.

Kisah Dajjal dan Turunnya 'Isa 'alaihis salaam untuk Membunuhnya.

BAGIAN PERTAMA.

MUQADDIMAH PENULIS.

Latar Belakang Penulisan Buku ini.

Sebagai contoh ucapannya pada (II/285): "Di sini kai -dengan terpaksa- menghilangkan sejumlah paragraf yang kurang patut atau tidak layak..." Dan yang lebih mengherankan -sebagaimana yang saya ketahui-, ia berani menghilangkan empat lembar yang termasuk pada jilid dua, yaitu halaman 98, 99, 101 dan 102.

Demi Allah, sungguh aku telah mengetahui beragam orang yang mengaku sebagai ahli ilmu di zaman ini. Akan tetapi saya belum pernah menemukan orang seberani, sebodoh dan sebangga diri si al-Fahim ini. Sekiranya kenyataannya ia tidak demikian, maka katakan padaku Demi Rabb-mu, 'bagaimana ia membolehkan dirinya melakukan tindakan buruk yang mencederai kode etik penulisan ilmiah terhadap buku Imam al-Hafizh Ibnu Katsir, dengan menambahkan sejumlah sub judul terhadapnya dan bahkan membuang sejumlah halaman, juga menghukumi dha'if sejumlah hadits shahih yang termuat di dalamnya, atau merubah maknanya dengan berdalih melakukan takwil terhadapnya dan agar makna lahirnya kelihatan logis.

Demi Allah, saya tidak dapat mengerti bagaimana penerbit dapat begitu tertarik terhadap buku ini? Dalam pengantar penerbit disebutkan: "Penelitian mendalam serta studi keotentikan (tahqiq) -alhamdulillaah dengan taufiq dari Allah- telah dilakukan oleh Syaikh Muhammad al-Fahim Abu 'Ubayyah salah seorang ulaam al-Azhar yang mulia, dan beliau... dan seterusnya. Beliau telah mencurahkan segala usaha dan jerih payahnya sehingga dapat membersihkan buku tersebut dari kesalahan-kesalahan kebahasaan dan kesalahan (atau penyimpangan) yang banyak dalam nama-nama (al-A'laam) yang tersebut di dalamnya, juga membetulkan sejumlah teks yang ada.

Demi Allah, sangat mengherankan, orang seperti al-Fahim disifati dengan sifat-sifat demikian. Padahal -kalau mau jujur- di dalam bukunya terdapat ratusan bukti yang menunjukkan bahwa -sebenarnya- ia tidak sebagaimana yang disifatkan. Sebenarnya ia telah melakukan banyak kesalahan pada teks-teks tulisannya, kesalahan-kesalahan kebahasaan, juga penyimpangan-penyimpangan meski dalam satu halaman saja (padahal negara Saudi Arabia telah banyak berbaik sangka terhadap ulama-ulama al-Azhar seperti dia).

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjaali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihish shalaatu was salaamu wa Qatlihi Iyyaahu, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Islamiyyah, 'Amman - Yordan, Cetakan I, 1421 H, Judul terjemahan: Kisah dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya, Penerjemah: Beni Sarbeni, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

Popular posts from this blog