Skip to main content

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (2)

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Syarah (Penjelasan) Al-Qawa'id Al-Arba' (2).

Penulis berkata,

Aku memohon kepada Allah yang Maha Mulia, Rabb yang memiliki 'arsy yang agung, agar senantiasa membimbingmu di dunia dan akhirat, dan menjadikanmu seorang yang menebar kebaikan di mana saja engkau berada. Semoga Allah juga menjadikanmu sebagai orang yang jika diberi akan bersyukur, jika diuji akan bersabar dan jika berbuat dosa akan beristighfar (meminta ampun). Karena sesungguhnya tiga hal tersebut adalah tanda-tanda kebahagiaan.

Syarah.

* "أسأل اللّه الكريم" (Aku memohon kepada Allah Yang Maha Mulia).

Kalimat ini bermakna "Aku memohon kepada-Nya dan meminta dari-Nya". Disematkan nama Allah "Al-Kariim" (Yang Maha Mulia) karena nama inilah yang sesuai dengan doa yang dipanjatkan penulis. Hal ini dikarenakan seorang hamba apabila ia ber-tawassul dengan nama-nama Allah dalam doanya, hendaknya memilih nama Allah yang paling sesuai dengan doanya. Jika doa yang dipanjatkan berisi permohonan, maka akan sesuai jika nama yang dipilih adalah Al-Kariim, saat hamba tersebut memanjatkan doanya dan ber-tawassul dengan nama Rabbnya.

* "ربّ العرش العظيم" (Rabb yang memiliki 'arsy yang agung).

Maknanya adalah Rabb yang memiliki, menguasai, dan mengatur 'arsy tersebut. 'Arsy adalah salah satu ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan merupakan makhluk-Nya yang terbesar. Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta'ala mensifatinya dengan kata agung.

Terdapat beberapa nash yang mengaitkan kata "Rabb" dengan 'arsy ini, semisal doa saat dalam kesulitan, di mana seorang hamba dituntunkan untuk membaca:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ.

(Laa ilaaha illallaahul 'azhiimul haliimu, laa ilaaha illallaahu rabbul 'arsyil 'azhiimi, laa ilaaha illallaahu rabbus samawaati wa rabbul ardhi wa rabbul 'arsyil kariimi).

"Tidak ada sembahan yang berhak untuk disembah kecuali Allah yang Maha Agung lagi Maha Lembut. Tidak ada sembahan yang berhak untuk disembah kecuali Allah, Rabb dari 'arsy yang agung. Tidak ada sembahan yang berhak untuk disembah kecuali Allah, Rabb langit, bumi dan 'arsy yang mulia." (8)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

8. HR. Al-Bukhari No. 6345 dan Muslim No. 2730.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog