Skip to main content

Rukun Ketiga: Iman Kepada Kitab-kitab | Rukun Iman yang Enam | Tingkatan Kedua: Iman | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

3) Kata kitab -yang dalam bahasa Arab memiliki bentuk jamak kutub- bermakna maktub (sesuatu yang ditulis).

Yang dimaksudkan di sini adalah kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah 'Azza wa Jalla kepada para Rasul-Nya sebagai rahmat dan hidayah (petunjuk) bagi makhluk, agar dengan kitab-kitab itu mereka dapat meraih kebahagiaannya di dunia maupun akhirat.

Iman kepada kitab-kitab Allah meliputi empat hal:

Pertama: Iman bahwa turunnya kitab-kitab itu benar-benar dari sisi Allah 'Azza wa Jalla.

Kedua: Iman dengan nama kitab yang kita ketahui, seperti Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa 'alaihis salam, Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa 'alaihis salam, dan Zabur yang diturunkan kepada Nabi Dawud 'alaihis salam. Sedangkan yang tidak kita ketahui namanya, kita imani secara global.

Ketiga: Membenarkan berita-beritanya yang benar, seperti berita-berita mengenai Al-Quran dan juga berita-berita lainnya yang tidak diganti atau dirubah, dari kitab-kitab terdahulu (sebelum Al-Quran).

Keempat: Mengamalkan hukum-hukumnya yang tidak dinasakh, serta dengan rela (ridha) dan pasrah menerimanya, entah kita ketahui hikmahnya ataupun tidak kita ketahui.

Seluruh kitab-kitab terdahulu telah termansukhkan oleh Al-Quran yang agung.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Kami telah menurunkan kepadamu kitab Al-Quran dengan kebenaran; membenarkan kitab-kitab yang ada di depannya (yang turun sebelumnya) dan sebagai muhaimin atas kitab-kitab tersebut..." (Al-Ma`idah [5]: 48)

Artinya, sebagai 'hakim' atas kitab-kitab itu. Berdasarkan ini, maka tidak dibolehkan mengamalkan hukum apa pun dari hukum-hukum kitab terdahulu, kecuali yang sah (shahih) dan diakui oleh Al-Quran.

Iman kepada kitab-kitab Allah akan menghasilkan berbagai buah yang agung, di antaranya:

* Mengetahui perhatian Allah 'Azza wa Jalla kepada para hamba-Nya dengan menurunkan kitab kepada setiap kaum sebagai petunjuk bagi mereka.

* Mengetahui hikmah Allah 'Azza wa Jalla mengenai syariat-Nya, di mana Dia telah membuatkan syariat untuk setiap kaum yang sesuai dengan kondisi mereka. Allah 'Azza wa Jalla berfirman, "Masing-masing umat di antara kamu, Kami buatkan syariat dan minhaj." (Al-Ma`idah [5]: 48)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog