Skip to main content

Mengimani Surga dan Neraka (2) | Rukun Kelima: Iman Kepada Hari Akhir | Rukun Iman yang Enam | Tingkatan Kedua: Iman | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Tentang 'keluarga' (para pengikut) fir'aun, Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Kepada mereka ditampakkan Neraka pada pagi dan petang. Dan pada hari terjadinya Kiamat (dikatakan kepada Malaikat), 'Masukkanlah 'keluarga' fir'aun ke dalam adzab yang sangat keras.'" (Al-Mu'min [40]: 46)

Dalam Shahih Muslim disebutkan sebuah hadits yang diriwayatkan dari Zaid bin Tsabit (radhiyallahu 'anhu) bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Kalau saja tidak karena kalian saling menguburkan (mayit), pasti aku memohon kepada Allah agar memperdengarkan siksa kubur kepada kalian seperti yang aku dengar." Selanjutnya beliau menghadapkan wajahnya dan berkata, "Berlindunglah kepada Allah dari adzab Neraka!" Para sahabat berkata, "Kami berlindung kepada Allah dari adzab Neraka!" Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) bersabda lagi, "Berlindunglah kepada Allah dari adzab kubur!" Mereka berkata, "Kami berlindung kepada Allah dari adzab kubur." Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) bersabda lagi, "Berlindunglah kepada Allah dari fitnah-fitnah yang tampak maupun yang tersembunyi!" Mereka berkata, "Kami berlindung kepada Allah dari fitnah-fitnah yang tampak maupun tersembunyi." Nabi (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, "Berlindunglah kepada Allah dari fitnah dajjal!" Mereka berkata, "Kami berlindung kepada Allah dari fitnah dajjal." (47)

Sedangkan nikmat kubur itu diperuntukkan bagi orang-orang mukmin yang 'benar'. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan 'Rabb kami adalah Allah', kemudian mereka istiqamah, maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, 'Tak usahlah kau merasa takut, dan tak usah bersedih hati. Gembiralah dengan memperoleh Surga yang telah dijanjikan kepada kamu." (Fushshilat [41]: 30)

"Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan, padahal kamu ketika itu melihat, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada kamu, akan tetapi kamu tidak melihat. Maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah), kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar?! Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan kepada Allah, maka dia memperoleh ketenteraman, rezeki serta Surga kenikmatan." (Al-Waqi'ah [56]: 83-89)

Diriwayatkan dari Al-Bara' bin Azib radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda tentang orang mukmin tatkala menjawab pertanyaan dua Malaikat di dalam kuburnya, "Ada suara yang berseru dari langit, 'Hamba-Ku benar. Karena itu, maka berilah ia tilam dari Surga, berilah ia pakaian dari Surga, dan bukalah untuknya pintu menuju Surga!' Lalu datanglah menghampirinya kenikmatan dan keharuman Surga, sementara itu kuburnya dilapangkan sejauh mata memandang." (48) (HR. Ahmad dan Abu Dawud dalam sebuah hadits yang panjang)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

47. HR. Muslim, Kitabul Jannah wa Shifatu Na'imiha wa Ahliha, bab "Ardhu Maq'adil Mayyit minal Jannah awin Nari 'alaihi".

48. HR. Imam Ahmad, IV/ 287; Abu Dawud, Kitabus Sunnah, bab "Al-Mas'alah fi 'Adzabil Qabr"; Al-Haitsami dalam Majmu'uz Zawaid, III/ 49-50; Abu Nu'aim dalam Al-Hilyah, VIII/ 10; Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, III/ 374, dan Al-Ajiri dalam Asy-Syari'ah, hal. 327. Al-Haitsami mengatakan, "Diriwayatkan oleh Ahmad dengan rijal yang sahih."

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Popular posts from this blog