Skip to main content

Biografi Pensyarah Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy | Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah).

Syarah Al-Qawa'id Al-Arba'.

Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama).

Muflih Safitra.

Biografi Pensyarah Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah. (1)

Nama dan Nasab.

Beliau adalah Saad bin Nashir bin Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdul Aziz bin Ibrahim bin Hamd bin Muhammad Asy-Syatsri. Keluarga beliau bernasab kepada kabilah Qahthan.

Rekam Jejak Keilmuan.

Dr. Saad bin Nashir bin Abdul Aziz Abu Habib Asy-Syatsri tumbuh di kalangan keluarga yang penuh dengan suasana ilmu dan agama karena ayah dan kakek beliau. Sejak masa kecilnya beliau sangat perhatian dan fokus dalam menuntut ilmu syar'i. Proses menuntut ilmu tersebut terus berlanjut hingga beliau menyelesaikan studinya di universitas, di fakultas syari'ah di kota Riyadh, sampai beliau ditunjuk sebagai salah satu dosen bantu di sana.

Beliau menempuh strata magister dan menyelesaikannya dengan sebuah thesis yang berjudul "التفريق بين الأصول والفرو ع" (At-Tafriq Bainal Ushul wal Furu') serta meraih gelar doktor pada tahun 1417 H dengan disertasi yang berjudul "القطع والظن عند الأصوليين" (Al-Qath'u wazh Zhannu 'indal Ushuliyyin).

Beliau mendapatkan rekomendasi dalam keilmuannya dari sejumlah ulama seperti Syaikh Bin Baaz, Syaikh Ibnu Al-Utsaimin, Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajhi, Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh, Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Abdullah Al-Barrak dan lainnya.

Beliau meraih banyak ijazah ilmiah dalam periwayatan kutub as-sunnah dari sejumlah ulama seperti Syaikh Abdullah Al-'Aqil.

Masyaikh dan Guru Beliau.

Syaikh Saad pernah menimba ilmu dari sejumlah ulama dan masyaikh terkemuka, serta memberikan pengaruh yang luar biasa dari mereka pada diri beliau. Di antara guru beliau yang paling banyak memberikan teladan pada beliau:

* Syaikh yang mulia Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah.

* Syaikh yang mulia Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh, Mufti besar Kerajaan Arab Saudi, Ketua Haiah Kibaril Ulama (Dewan Ulama Senior) dan Ketua Haiah Buhuts Ilmiyyah wa Al-Ifta' (Dewan Penelitian Ilmiah dan Fatwa).

* Fadhilah Asy-Syaikh Shalih Al-Athram.

* Fadhilah Asy-Syaikh Ahmad bin Ali Sir Al-Mubaraky, anggota Haiah Kibaril Ulama.

* Syaikh yang ahli dalam ilmu ushul, Abdullah bin Ghudayyan rahimahullah yang Syaikh Saad sempat belajar darinya ilmu Ushul Al-Fiqh dan Al-Qawa'id Al-Fiqhiyyah.

* Ayah beliau sendiri, Syaikh Nashir bin Abdul Aziz bin Muhammad Asy-Syatsriy.

Rekam Jejak Pekerjaan dan Organisasi.

1. Dosen bantu Fakultas Syari'ah Universitas Islam Imam Muhammad bin Su'ud, Riyadh tahun 1409 H.

2. Dosen Fakultas Syari'ah Universitas Islam Muhammad bin Su'ud, Riyadh tahun 1414 H.

3. Assistant Professor Fakultas Syari'ah Universitas Islam Imam Muhammad bin Su'ud, Riyadh tahun 1418 H.

4. Associate Professor Fakultas Syari'ah Universitas Islam Imam Muhammad bin Su'ud, Riyadh tahun 1422 H.

5. Anggota Haiah Kibaril Ulama dengan predikat mumtaz tahun 1426-1431 H.

6. Anggota dosen tetap Fakultas Al-Huquq wa Al-'Ulum As-Siyasiyyah Universitas Malik Su'ud tahun 1434 H.

Karya Ilmiah.

Syaikh Saad memiliki sejumlah besar kitab dan buhuts (penelitian dalam beragam masalah) yang ikut memperkaya koleksi perpustakaan ilmiah, khususnya dalam bidan ilmu agama Islam.

Beliau juga mengisi berbagai daurah ilmiah musim panas dan daurah intensif yang diselenggarakan di berbagai masjid, serta menguji dalam seminar tugas akhir magister dan doktoral.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Catatan Kaki:

1. Biografi ini disadur dan diterjemahkan oleh Muflih Safitra dari website pribadi Syaikh: www.alshathri.net/Pages/2/سيرة-الشيخ

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba' (Syarah Mutun Al-Aqidah), Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Penulis Syarah: Syaikh Saad bin Nashir Asy-Syatsriy hafizhahullah (Dewan Penasihat Kerajaan Saudi Arabia dan Mantan Anggota Haiah Kibaril Ulama), Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Al-Qawa'id Al-Arba', Penerjemah: Muflih Safitra, Penerbit: Naashirussunnah, Jakarta - Indonesia, Cetakan ke-1, Rabi'ul Akhir 1437 H/ Februari 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang. Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog