Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 174-176 | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 174-176

Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu al-Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari Kiamat dan tidak akan menyucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih. (QS. 2:174) Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api Neraka! (QS. 2:175) Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan al-Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) al-Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran). (QS. 2:176)

CELAAN TERHADAP ORANG-ORANG YAHUDI KARENA MENYEMBUNYIKAN APA YANG DITURUNKAN OLEH ALLAH

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu al-Kitab." Yaitu orang-orang yahudi yang menyembunyikan sifat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam yang terdapat dalam kitab-kitab mereka, seperti sifat-sifat yang menjadi bukti kerasulan dan kenabian beliau. Mereka menyembunyikan hal itu agar kepemimpinan mereka tidak lenyap begitu saja, dan mereka tetap menerima hadiah dan pemberian yang mereka ambil dari masyarakat Arab, sebagai penghormatan terhadap (nenek moyang) mereka.

Orang-orang yahudi -semoga Allah melaknat mereka- ketakutan jika mereka menerangkan hal tersebut, maka orang-orang akan mengikuti Nabi Muhammad (shallallahu 'alaihi wa sallam), sedangkan mereka ditinggalkan. Mereka pun menyembunyikan hal ini untuk mengekalkan apa yang mereka terima selama ini berupa materi yang sedikit. Mereka telah menjual diri mereka dengannya. Mereka menukar hidayah, mengikuti kebenaran, membenarkan Rasul dan beriman kepada apa yang Allah turunkan dengan materi yang sedikit itu. Maka mereka pun sengsara dan merugi di dunia dan di akhirat.

Adapun di dunia, sesungguhnya Allah akan menunjukkan kepada umat manusia kebenaran Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam dengan ayat-ayat yang nyata dan dalil-dalil yang qath'i yang telah Dia turunkan kepadanya. Dan orang-orang yang dikhawatirkan oleh orang-orang yahudi akan mengikuti Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berbalik membenarkan beliau dan menjadi penolong baginya dalam memerangi mereka. Maka mereka pun kembali dengan membawa kemurkaan di atas kemurkaan.

Dan Allah 'Azza wa Jalla mencela mereka melalui Kitab-Nya di beberapa surat, di antaranya adalah ayat yang sedang kita bahas ini: "Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu al-Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah)," yaitu berupa harta benda dan kehidupan dunia.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog