Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 185 | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 185

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu maka hendaklah ia berpuasa, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur. (QS. 2:185)

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN DAN TURUNNYA AL-QUR-AN PADA BULAN ITU

Allah telah memuliakan bulan puasa di antara bulan-bulan lainnya dengan memilihnya sebagai bulan diturukannya al-Qur-an al-'Azhim. Keistimewaan ini Dia berikan kepada bulan Ramadhan sebagaimana dinyatakan dalam hadits bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan di mana Kitab-kitab Ilaahiyyah diturunkan kepada para Nabi 'alaihimus salaam.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah meriwayatkan dari Watsilah bin al-Asqa', bahwa Rasulullah (shallallahu 'alaihi wa sallam) bersabda:

أنزلت صحف إبراهيم في أوّل ليلة من رمضان، وأنزلت التّوراة لستّ مضين من رمضان، والإنجيل لثلاث عشرة خلت من رمضان، وأنزل اللّه القرآن لأربع وعشرين خلت من رمضان.

"Shuhuf (lembaran-lembaran) Ibrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan pada tanggal 6 Ramadhan, Injil diturunkan pada tanggal 13 Ramadhan, dan al-Qur-an diturunkan pada tanggal 25 Ramadhan." (696)

===

696. Ahmad (IV/107). [Hasan: Dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahiihul Jaami' (no. 1497)].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog