Skip to main content

Adabul Mufrad (215)

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah.

Kitab Perbuatan Baik.

110. Bab Siapa yang Mendapat Perbuatan Baik Hendaknya Dia Membalasnya.

215. Jabir berkata, "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Siapa yang mendapat perbuatan baik hendaknya dia membalasnya. Jika tidak menemukan sesuatu untuk membalasnya hendaklah dia puji orang tersebut karena jika dia memujinya maka dia telah mensyukurinya, jika dia menyembunyikannya berarti dia telah mengkafirinya, siapa yang berpakaian dengan pakaian yang bukan diberikan untuknya seolah dia berpakaian dua baju palsu.'" (35)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

35. Al-Khitabi berkata, "Pada zaman dahulu orang-orang yang baik dan berilmu menggunakan dua baju. Maka jika ada seorang yang bukan seperti mereka keadaan dan perbuatannya lalu dia berpakaian seperti mereka maka sebenarnya pakaiannya itu adalah palsu. Manusia menganggap mereka adalah orang dapat dipercaya padahal pada hakikatnya adalah tidak. Dua pakaian di sini adalah Rida' di bagian atas dan Izaar di bagian bawah."
Sumber: Syarah Tirmidzi oleh Mubarakfuuri.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog