Skip to main content

Siapa 'OKNUM' Perusak Nama Baik Kolesterol? (6)

Keenam, ketika ditemukan pada penderita stroke dan jantung angka kolesterol mereka normal-normal saja, tentu menimbulkan berbagai pertanyaan dan spekulasi, lalu apa pemicunya sampai pembuluh darah tersumbat? Banyak ahli sependapat mengamati lemak darah (trigliserida) sebaga penyusun lemak nabati dan hewani dikaitkan dengan stroke dan PJK. Namun dugaan paling kuat terhadap sumber plak di pembuluh darah adalah lemak trans, yaitu lemak nabati yang dipadatkan (dihidrogenasi).

Lemak trans terbentuk akibat proses hidrogenasi, yaitu percampuran hidrogen dalam minyak sayur. Pendeknya lemak trans adalah merubah minyak cair menjadi lemak padat dan hasilnya membuat makanan terasa lebih gurih. Sedangkan produk lemak trans yang populer adalah margarin. Lemak trans diduga kuat bertanggung jawab atas masalah jantung dan penyumbatan pembuluh darah di otak.

Tingginya kadar lemak trans di otak bisa membuat kerja membran sel otak menjadi lebih kaku dan kurang mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Sedikitnya ada dua cara lemak trans merusak otak, yakni ketika lemak trans menjadi bagian dari sel-sel di otak dan selubung saraf otak, lemak tersebut akan mengganti fungsi lemak penting seperti DHA dan asam lemak omega. Akibatnya komunikasi seluler pada otak akan berantakan sehingga terjadi penurunan mood, kehilangan memori atau masalah kesehatan lainnya.

Lemak trans terkenal kontribusinya terhadap penyakit kardiovaskuler dengan indikasi penebalan pembuluh darah, mempelambat sirkulasi dan penyumbatan arteri. Otak juga memiliki sistem vaskuler yang berfungsi mengirim nutrisi dan oksigen serta membersihkan racun di seluruh bagian otak. Nah, tersumbatnya sistem vaskuler otak akibat lemak trans dapat berdampak buruk untuk kesehatan dan fungsi otak. WaLLOOHU A'lam.

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===
Live from BlackBerry® on esia max-d, Internet Max, Biaya Mini.

Popular posts from this blog