Skip to main content

Mukhtashor Shohih Bukhori 39

39. Dari Nu'man bin Basyir rodhiyaLLOOHU 'anhu, berkata, "Aku mendengar Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Perkara yang halal telah jelas dan perkara yang harom pun telah jelas. Adapun di antara keduanya adalah perkara-perkara yang diragukan, yang tidak diketahui hukumnya oleh kebanyakan orang. Barang siapa menjauhi perkara-perkara yang diragukan ini berarti ia telah memelihara agama dan kehormatannya, dan barang siapa yang menegrjakan perkara-perkara yang diragukan, maka ia seeprti seorang penggembala yang menggembalakan ternaknya di pinggir jurang, dan dikhawatirkan ia akan terjatuh ke dalamnya. (dalam riwayat lain: "Barang siapa meninggalkan apa yang diragukannya akan menyebabkan dosa, maka terhadap sesuatu yang jelas (hukumnya) ia akan lebih menghindari dan meninggalkannya, dan barang siapa berani melakukan apa yang diragukan akan menyebabkan dosa, maka dikhawatirkan ia akan mencampakkan dirinya ke dalam perbuatan dosa yang nyata. Ketahuilah, semua raja mempunyai larangan, dan larangan ALLOH adalah segala yang diharomkan-NYA. (dalam riwayat lain: bahwa kemaksiatan adalah larangan ALLOH) Ketahuilah, bahwa di dalam tubuh ada segumpal daging. Apabila daging itu baik maka baik pula seluruh tubuhnya, dan apabila daging itu rusak maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah, daging tersebut adalah hati."

Maroji':
Kitab: Mukhtashor Shohih Bukhori, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Ringkasan Shohih Bukhori, Penerbit: Pustaka Azzam - Jakarta.

===

LAYANAN GRATIS
Estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum
085778018878
http://www.bajaringantangerang.com/

===

ringkasan shahih bukhari, buku ringkasan shahih bukhari, ringkasan kitab, hadits shahih, ringkasan hadits shahih bukhari, hadits, kumpulan hadits, pengertian hadits, hadits online, ilmu hadits, hadits bukhari, hadits bukhari muslim

Popular posts from this blog