Skip to main content

Siapa 'Oknum' Perusak Nama Baik Kolesterol? (2)

Kedua, boleh jadi adanya peningkatan angka kolesterol akibat terganggunya perjalanan kolesterol lantaran ada atau banyaknya gangguan di pembuluh darah sebagai lintasan utama. Gangguan itu berupa darah yang kental sehingga mengalir lambat, penyempitan pembuluh darah lantaran terjadi penebalan dindingnya diantaranya akibat banyak plak, atau pembuluh darah mengeras dan tidak lentur. Akibat terhambatnya perjalanan (LDL) tentunya suplai 'logistik' terutama kebutuhan kolesterol dan oksigen bagi sel tak segera sampai.

Kita tahu bahwa beberapa menit saja tak mendapat suplai makanan dan oksigen sel akan berguguran. Bila yang berguguran sel di kawasan otak konsekuensinya banyak sekali, termasuk mudah terganggunya ingatan, stroke, kemampuan mata menurun dan lainnya. Bila aliran kolesterol ke jantung terhambat otomatis milyaran sel yang bertugas di raja organ tersebut tak mampu bekerja maksimal sehingga darah tak terpompa dengan baik, efeknya darah kurang lancar sehingga kadang mudah kesemutan, pegal-pegal dan lainnya. Adapun penyebab kekentalan darah juga beragam, bisa dibaca Tabloid bekam edisi darah tinggi, asam urat, dan stroke.

Terhambatnya laju LDL sangat mungkin menyebabkan antrian panjang atau penumpukan LDL di pembuluh darah. Ibarat arus allu-lintas yang mengalami hambatan atau penyempitan arus jalan membuat kendaraan lambat laun menumpuk. Tentunya tumpukan tersebut hanya menunjukkan angka LDL melambung. Beratnya hambatan dan lamanya penumpukan bisa membuat kelelahan atau 'mogok' sehingga harus minggir dan tersangkut/ melekat di pembuluh darah.

Kemelut kolesterol juga bisa dipicu oleh mereka yang mengalami problem BAB tak lancar, keras, dan jarang. Tidak lancarnya pembuangan tinja akan mempengaruhi pelepasan sisa kolesterol, yang tentunya dapat mengganggu kerja empedu.

Di sisi lain ada yang berpendapat bahwa meningkatnya angka kolesterol lantaran berkurangnya jumlah HDL, sehingga sisa kolesterol tidak terangkut semua ke hati untuk di daur ulang dan dikirim ke empedu untuk turut dibuang lewat tinja. Karena itu kecukupan HDL sangat penting dalam rangka menjaga stabilitas kolesterol setiap saat.

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

LAYANAN GRATIS
Estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum
085778018878
http://www.bajaringantangerang.com/

===

kolesterol, gejala kolesterol, pengertian kolesterol, menurunkan kolesterol, trigliserida, asam urat, kolesterol tinggi, gula darah, darah tinggi

Popular posts from this blog