Skip to main content

Pembagian di Antara Para Malaikat Seperti Pembagian di Antara Para Nabi | Al-Baqarah, Ayat 97-98 | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir.

Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri.

Shahih Tafsir Ibnu Katsir.

Al-Baqarah, Ayat 97-98.

Pembagian di Antara Para Malaikat Seperti Pembagian di Antara Para Nabi.

Adapun tafsir ayat, "Katakanlah, 'Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (al-Qur-an) ke dalam hatimu dengan izin Allah," adalah barangsiapa yang memusuhi Jibril, hendaklah ia mengetahui bahwa Jibril adalah Ruhul Amin yang turun membawa Dzikrul Hakim (al-Qur-an) dari Allah ke dalam hatimu dengan izin-Nya. Ia adalah salah satu dari Rasul-rasul Allah dari golongan Malaikat. Dan barangsiapa yang memusuhi seorang Rasul, berarti ia telah memusuhi semua Rasul. Sebagaimana orang yang beriman kepada seorang Rasul, maka hal itu mengharuskannya beriman kepada seluruh Rasul, dan sebagaimana halnya orang yang kufur kepada salah seorang Rasul, berarti ia telah kufur kepada seluruh Rasul sebagaimana Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya serta bermaksud membedakan antara (keimanan kepada) Allah dan Rasul-rasul-Nya dengan mengatakan, 'Kami beriman kepada sebagian dan kami kafir kepada sebagian lainnya,'" dan ayat selanjutnya. (QS. An-Nisaa`: 150-151)

Dengan firman-Nya ini Allah telah menetapkan bahwa mereka benar-benar kafir, karena mereka beriman kepada sebagian Rasul dan ingkar kepada sebagian lainnya. Demikian pula dengan orang yang memusuhi Jibril, maka dia adalah musuh Allah, karena Jibril tidak turun membawa perintah atas kehendaknya sendiri, tetapi Jibril turun atas perintah Rabb-Nya. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan tidaklah kami turun melainkan dengan perintah Rabb-mu," dan ayat seterusnya. (QS. Maryam: 64)

Allah juga berfirman, "Dan sesungguhnya al-Qur-an ini benar-benar diturunkan oleh Rabb semesta alam. Dia dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah satu di antara orang-orang yang memberi peringatan." (QS. Asy-Syu'araa`: 193-194)

Dan Imam al-Bukhari telah meriwayatkan dalam Shahiihnya dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Barangsiapa yang memusuhi wali-Ku, maka sungguh dia menyatakan perang terhadap-Ku.'" (358)

Oleh karena itu, Allah murka kepada orang-orang yang memusuhi Jibril, dan Dia berfirman, "Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (al-Qur-an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (Kitab-kitab) yang diturunkan sebelumnya," yaitu Kitab-kitab terdahulu. "Dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman." Yakni sebagai petunjuk bagi hati mereka dan berita gembira bahwa mereka akan mendapatkan Surga. Dan semua itu tidak diberikan kecuali kepada orang-orang yang beriman, sebagaimana Allah Ta'ala berfirman, "Katakanlah, 'Ia (al-Qur-an) sebagai petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman," dan ayat seterusnya. (QS. Fushshilat: 44)

Dan Allah berfirman, "Dan Kami turunkan dari al-Qur-an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman," dan ayat seterusnya. (QS. Al-Israa`: 82)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

358. Fat-hul Baari (XI/ 348). [Al-Bukhari (no. 6502). Dalam lafazh al-Bukhari berbunyi: "" (...maka sungguh aku menyatakan perang (kebinasaan) kepadanya.")].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog