Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (274)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Imam al-Bukhari rahimahullah.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Kitaabush Shalaah.

8. Kitab Shalat.

Bab Pembatas Tempat Shalat.

102. Bab: Shalat Menghadap Orang yang Sedang Shalat {di Belakangnya}.

129. (298) Utsman (radhiyallahu 'anhu) tidak suka mengerjakan shalat dengan menghadap orang lain yang sedang shalat, karena hal itu bisa mengganggu konsentrasi. Tapi jika tidak menyebabkan demikian.

130. (299) Maka Zaid bin Tsabit mengatakan, "Menurutku, seseorang tidak menyebabkan shalat orang lain terputus."

274. Dari Masruq, dari Aisyah (radhiyallahu 'anhuma), bahwa telah disebutkan kepadanya hal-hal yang dapat memutuskan shalat. Mereka mengatakan, "Yang dapat memutuskan shalat ialah anjing, keledai dan wanita." Aisyah mengatakan, "Kalian telah menjadikan kami {kaum wanita} seperti anjing, (dalam riwayat lain: kalian telah menyamakan kami (dalam jalur lain: Betapa buruknya kalian menyetarakan kami) dengan keledai dan anjing. Demi Allah,) aku pernah melihat Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam shalat, sementara aku berada di antara beliau dan arah kiblat (dalam jalur lain: dan kedua kakiku berada di arah kiblatnya), saat itu aku sedang berbaring (dalam jalur lain: tidur) di tempat tidur, (dalam jalur lain: lalu Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam datang kemudian melangkahi tempat tidur kemudian beliau shalat 1/29), dan ketika aku ada keperluan, maka aku tidak mau menghadapnya [karena akan mengganggu Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam], (dalam jalur lain: aku tidak mau bangkit di depannya), maka aku menggeser [kakiku di tempat tidur sehingga aku bisa bergeser mundur."]

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

298. Al Hafizh tidak memandangnya berasal dari Utsman, tapi dari Umar. Diriwayatkan oleh Abdurrazaq (2396), dikeluarkan juga oleh Ibnu Abi Syaibah dan lainnya dari jalur Hilal bin Yasaf darinya. Para perawinya tsiqah tapi terputus, karena Hilal tidak pernah bertemu Umar. Menurut saya: Adapun hadits yang dikeluarkan oleh sebagian imam masjid di Damaskus dengan lafazh (ما أفله وجه صلى إليه), saya tidak tahu asalnya.

299. Al Hafizh tidak mengeluarkannya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog