Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (96)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

38. Menghindari Tindakan yang Melanggar Syariat.

f. Cincin pertunangan.

"Diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas bahwa suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melihat sebuah cincin emas di jari seorang laki-laki. Beliau mencabut cincin tersebut lalu membuangnya. Beliau bersabda, 'Salah seorang dari kalian telah mengambil bara api, lalu diletakkannya bara tersebut di tangannya.' Kemudian setelah Rasulullah (shallallahu 'alaihi wa sallam) pergi ada seseorang mengatakan kepada laki-laki tersebut, 'Ambil dan manfaatkan cincin tersebut!' Laki-laki tersebut menjawab, 'Tidak, demi Allah, selamanya saya tidak akan mengambil cincin tersebut karena telah dibuang oleh Rasulullah.'" (187)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

187. Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim (VI/ 149), Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya (I/ 150), Ath Thabarani (III/ 150/ 1-2), Ibnu Ad Dibaji dalam kitab Al Fawaid Al Muntaqa (II/ 180/ 1-2).

Hadits ini merupakan nas yang mengharamkan cincin emas. Pendapat Imam Ahmad yang menghukumi makruh, sebagaimana akan tersebut nanti, maksudnya makruh dalam pengertian haram. Lihat perkataan Imam Ahmad mengenai hal ini dalam komentarnya terhadap hadits keempat bahasan ini.

Hadits ini juga diriwayatkan dari Abu Hurairah secara marfu' dengan tambahan lafal, "Allah melaknat orang yang memakainya." Hadits yang mengandung tambahan ini diriwayatkan oleh Ats Tsaqafi dalam kitab Ats Tsaqafiyat (Juz VI no. 36 menurut kitab susunan saya). Akan tetapi dalam sanadnya terdapat seorang periwayat bernama Saif bin Miskin. Dia seorang periwayat yang muttahim.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog