Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (90)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

38. Menghindari Tindakan yang Melanggar Syariat.

d. Memanjangkan kuku dan mengecatnya.

Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) bersabda,

"Fitrah (176) manusia ada lima: khitan, istihdad (177) (dalam riwayat lain disebutkan: mencukur bulu kemaluan), memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (178)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

176. Yang dimaksud fitrah di sini adalah sunnah (perbuatan), yaitu perbuatan-perbuatan para Nabi ridhwanullah 'alaihim yang harus kita teladani. Begitulah yang disebutkan dalam kitab An Nihayah.

177. Istihdad adalah menggunakan pisau cukur untuk mencukur rambut di bagian tubuh tertentu. Dalam riwayat lain hadits ini disebutkan bagian tubuh tersebut yaitu bulu kemaluan. Dalam masalah ini saya tertarik oleh pendapat Abu Bakar Al 'Arabi (dengan tambahan Al, bukan Ibnu 'Arabi yang tanpa Al). Dia berkata, "Menurut saya, kelima perbuatan yang disebutkan dalam hadits ini seluruhnya merupakan kewajiban. Hal itu karena jika seseorang meninggalkan perbuatan-perbuatan tersebut maka dia pun tidak lagi seperti manusia; apalagi seperti orang-orang Islam." Saya mengutip komentar tersebut dari kitab Al Fath (X/ 279). Itu merupakan pemahaman yang sangat tepat. Oleh karena itu, barangsiapa yang menyanggahnya berarti belum memperoleh taufiq dari Allah.

178. Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhari (X/ 276-378), Abu Dawud (II/ 194), dan An Nasai (I/ 7) dari Abu Hurairah. Lafal lain dalam hadits ini diriwayatkan oleh An Nasai. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ahmad (II/ 229, 239, 283, 410, dan 489) dengan sumber periwayatan yang sama, yaitu Abu Hurairah.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog