Skip to main content

Tafsir Al-Amaaniyy | Al-Baqarah, Ayat 78-79 | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir.

Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri.

Shahih Tafsir Ibnu Katsir.

Al-Baqarah, Ayat 78-79.

Tafsir Al-Amaaniyy.

Firman Allah Ta'ala, "Kecuali dongengan bohong belaka." Adh-Dhahhak meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas (radhiyallaahu 'anhuma) tentang firman-Nya ini, ia mengatakan, "Mereka berkata dusta dengan mulut-mulut mereka." (298) Dikatakan pula bahwa maksudnya adalah hanya khayalan mereka saja.

Mujahid berkata, "Sesungguhnya kaum yang ummiyy (tidak bisa menulis dan membaca), mereka adalah orang-orang yang disifati oleh Allah Ta'ala bahwa mereka tidak memahami sedikit pun dari Kitabullah yang diturunkan oleh Allah kepada Musa 'alaihis salaam. Lalu mereka membuat-buat kebohongan dan kebathilan secara dusta dan palsu. (299) Dongengan yang dimaksud di sini adalah membuat-buat kebohongan dan menduga-duganya.

"Dan mereka hanya menduga-duga," Mujahid mengatakan, "Mereka itu hanyalah berdusta." (300) Adapun Qatadah, Abul 'Aliyah, dan ar-Rabi' bin Anas mengatakan, "Mereka berprasangka buruk terhadap Allah tanpa kebenaran sedikit pun." (301)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

298. Ath-Thabari (II/ 261).

299. Ath-Thabari (II/ 262).

300. Ibnu Abi Hatim (I/ 242).

301. Ibnu Abi Hatim (I/ 242).

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog