Skip to main content

Kesalahan-kesalahan yang Umum (2) | 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban

من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة).

Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili.

60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban.

Kesalahan-kesalahan yang Umum.

2. Termasuk salah satu kesalahan adalah:

Tidak memperbanyak tasbih, takbir, dan tahmid. Ini merupakan kesalahan yang lazim terjadi baik secara umum ataupun khusus kecuali orang yang diberi rahmat oleh Alloh Subhanahu wa Ta'ala. Maka wajib bagi seorang muslim untuk memulai dengan takbir ketika masuk ke dalam sepuluh hari di bulan Dzulhijah dan baru berhenti pada saat berakhirnya hari-hari Tasyriq, berdasarkan firman Alloh Subhanahu wa Ta'ala:

"Dan supaya mereka menyebut nama Alloh pada hari yang telah ditentukan." (7)

Ayyamul ma'lumat (hari-hari yang telah ditentukan) adalah tanggal 10 Dzulhijah, sedangkan ayyamul ma'dudat (hari-hari yang terbilang) adalah hari-hari Tasyriq. Demikianlah yang dikatakan oleh Ibnu 'Abbas rodhiyallohu 'anhuma.

Imam Bukhori berkata, "Ibnu 'Umar dan Abu Huroiroh keluar ke pasar di hari-hari yang sepuluh bulan Dzulhijah, keduanya mengumandangkan takbir kemudian orang-orang mengikuti takbir mereka berdua." (9)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(7) QS. Al-Hajj [22]: 28.

(8) Shohih Bukhori dalam kitab al-'Idain bab Keutamaan Amalan di Hari-hari Tasyriq, dan lihat Fathul Bari juz 5, hal. 133 dan setelahnya.

(9) Shohih Bukhori juz 1 hal. 329.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة), Penulis: Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Ibadah Kurban, Keutamaan dan Koreksi Atas Berbagai Kesalahannya, 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban, Penerjemah: Muhammad Basyirun, Editor: Irwan Raihan, Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan I, Desember 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog