Skip to main content

Mengingkari Sebagian Nama-nama dan Sifat-sifat Allah | Kitab Tauhid

Bab 40

Mengingkari Sebagian Nama-nama dan Sifat-sifat Allah

Allah Ta'ala berfirman,

"Mereka kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Katakanlah, 'Dialah Rabbku, tidak ada sesembahan yang berhak untuk disembah kecuali Dia. Hanya kepada-Nyalah, aku bertawakal dan bertaubat." (QS. Ar Ra'd: 30)

Diriwayatkan dalam Shahih Bukhari bahwa Ali (radhiyallahu 'anhu) berkata,

"Bicaralah dengan orang sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka. Apakah kalian menginginkan bahwa Allah dan Rasul-Nya dituduh tidak benar?" (HR. Bukhari 127)

'Abdurrazzaq meriwayatkan dengan sanad yang shahih, dari Ma'mar dari Ibnu Thawus dari bapaknya bahwa Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma melihat seseorang yang terperanjat ketika mendengar hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang berbicara tentang sifat-sifat Allah karena merasa tidak sependapat dengannya. Ibnu Abbas berkata,

"Apakah yang membuat mereka takut sehingga mereka menerima ayat yang muhkam akan tetapi mencelakakan diri (karena merasa keberatan) ketika bertemu dengan ayat mutasyabihat (karena mengingkari dan tidak mau mengembalikannya kepada ayat yang muhkam, -pent)." (HR. 'Abdurrazzaq 20895)

Tatkala orang-orang Quraisy mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebut sifat Allah Ar Rahman, maka mereka mengingkarinya. Allah lantas menurunkan ayat berkenaan dengan mereka,

"Mereka kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah."

Kandungan Bab

1. Orang yang mengingkari sebagian nama-nama dan sifat-sifat Allah dikatakan tidak beriman.

2. Tafsir surat Ar Ra'du ayat: 30. (164)

3. Hendaknya tidak berbicara dengan sesuatu yang tidak dipahami oleh lawan bicara.

4. Disebutkan bahwa sebabnya adalah agar hal itu tidak menyebabkan orang melontarkan tuduhan yang tidak benar kepada Allah dan Rasul-Nya, walaupun sebenarnya sang pelaku tersebut tidak sengaja melakukan hal itu.

5. Ketika ada orang yang mengingkari sebagian sifat Allah, maka Ibnu Abbas berkomentar bahwa pengingkarannya itu akan membinasakan dirinya sendiri.

=====

Catatan Kaki:

164. Ayat ini menjelaskan bahwa mengingkari sebagian nama-nama dan sifat-sifat Allah adalah kafir karena ini bertentangan dengan tauhid asma' wa shifat. (Lihat Al Jadiid fi Syarh Kitab At Tauhid hlm. 353)

=====

Maraji'/ Sumber:
Kitab: At Tauhid, Alladzi Huwa Haqqullah 'alal 'Abid, Penulis: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullaah, Penerbit: Darul Aqidah, Kairo - Mesir, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun 1422 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Kitab Tauhid, Memurnikan La Ilaha Illallah, Penerjemah: Eko Haryono, Editor, Taqdir, Hidayati, Penerbit: Media Hidayah - Indonesia, Cetakan Pertama, Sya'ban 1425 H/ Oktober 2004 M.

Popular posts from this blog