Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (36)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berbunyi, "Dan apa yang kamu sebutkan," sangat jelas menunjukkan akan kenyataan bahwa beberapa Nabi terdahulu pernah mengajukan berbagai bukti kongkrit kepada bani Israil akan kebenaran ajaran mereka. Dan diantaranya adalah kisah api yang melahap korban-korban tersebut. Dan cerita ini mungkin dapat dijadikan sebagai syahid yang kuat secara umum tentang objektifitas kisah Habil tersebut.

Di antara itu, ada juga yang bersumber dari beberapa riwayat hadits (yang akan dibahas lebih lanjut pada pembahasan selanjutnya) yang berbunyi, "Aku telah diberi lima...", serta sebuah riwayat dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma,

"Para Nabi memisahkan seperlima, lalu api itu datang dan memakannya." (HR. Bukhari)

Hadits ini disebutkan di dalam kitab "Al Khashaish" karya As-Suyuthi (3/134), tanpa komentar. HR. Ahmad (1/301), tanpa syahid, tapi diriwayatkan dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma dengan lafadz,

"Orang-orang terdahulu dariku sangat mengagungkan akan (menu) makanannya, dan mereka membakarnya." (Sanad hadits ini adalah hasan dan telah ditakhrij dalam kitab Al Irwa no. 285)

ziv. Ringkas dan lugasnya ucapan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

40. Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam diutus dengan diberikan ucapan ringkas dan lugas. Beliau selalu meringkas hadits seringkas-ringkasnya, dan mengungguli seantero orang Arab dalam kefasihan serta keindahan ungkapannya.

Albani menguraikan tentang keringkasan Rasulullah (Shallallahu 'alaihi wa Sallam) dalam bertutur haditsnya, bahwa berita tersebut bersumber dari sebuah hadits dari Umar radhiyallahu 'anhuma yang diriwayatkannya secara marfu' dengan lafadz,

"Aku telah diberikan (karunia) perkataan yang diringkas dan lugas, dan (membuat segala ucapan) haditsku menjadi lebih ringkas."

Sanad hadits ini dha'if seperti yang telah dijelaskan dalam kitab "Al Ahadits Adh-Dha'ifah" (no. 2864). Oleh karena itu, saya membawakannya dalam kitab "Dha'if Al Jami Ash-Shaghir" (no. 1048).

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog