Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (33)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

zii. Ketidaksepakatan umat Islam.

37. Umat Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam akan selalu terjaga dan terpelihara dari pengambilan keputusan (mufakat) yang didasarkan atas kesesatan.

Albani menambahkan, "Penulis ingin mengisyaratkan konteks ini dengan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam yang berbunyi,

"Allah tidak akan mengumpulkan umatku dalam kesesatan selama-lamanya, dan 'tangan' Allah adalah bersama jamaah." (HR. Tirmidzi, Hakim dan lain-lain dengan sanad shahih)

Hadits ini mempunyai penguat syahid yang bersumber dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma dan lain-lain. Dari Ibnu Ashim dalam kitabnya "As-Sunnah" (no. 80-85, "Zhilaal Al Jannah"). Dan saya telah membahas sanad-sanad hadits tersebut di dalam kitab "Al Misykat" (no. 173-174).

38. Kitab sucinya (Al Qur`an) selalu terpelihara kendatipun seandainya orang-orang terdahulu ('awwaliin) hingga sekarang ('aakhiriin) semuanya bersepakat untuk menambah atau mengurangi satu kata dari Al Qur`an, niscaya mereka tak akan sanggup. Seperti sangat jelas dan tidak dapat ditutup-tutupi perubahan serta penyelewengan isi yang terjadi di dalam Taurat dan Injil.

ziii. Perlindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala bagi umat Muhammad (Shallallahu 'alaihi wa Sallam).

39. Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menyembunyikan amalan umatnya yang belum diterima, sedangkan umat sebelumnya (memelas-melas memohon) bertaqarrub kepada-Nya dengan mengajukan kurban. Namun kurban yang diajukannya akan dibiarkan-Nya dilahap api, dan menyisakan bagian yang belum diterima hingga cacat dan aibnya terbongkar.

Seperti firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, "Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." (QS. Al Anbiyaa` (21): 107)

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam juga bersabda,

"Sesungguhnya aku adalah rahmat bagi yang mendapat hidayah."

(HR. Al Hakim dan lain-lain dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dan lain-lain. Hadits ini telah ditakhrij dalam kitab "Al Hadits Ash-Shahihah" (no. 490), kitab "Al Misykat" (no. 5800), dan kitab "Ghayah Al Maram fi Takhrij Al Halal wa Al Haram" (no. 1).

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog