Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 129 (2) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 129 (2)

TAFSIR (KATA) AL-KITAB DAN AL-HIKMAH

Firman Allah Ta'ala: "Dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab," yakni al-Qur-an, "Dan al-Hikmah," yakni as-Sunnah. Pendapat ini dikemukakan oleh al-Hasan al-Bashri, Qatadah, Muqatil bin Hayyan, Abu Malik, dan lain-lain. (531)

Ada juga yang menafsirkan "al-hikmah" dengan pemahaman terhadap agama. Dan keduanya tidak saling bertentangan.

Firman-Nya, "Dan menyucikan mereka," 'Ali bin Abi Thalhah menceritakan dari Ibnu 'Abbas, "Yakni ketaatan kepada Allah Ta'ala." (532)

Sedangkan firman-Nya, "Sesungguhnya Engkau Mahaperkasa lagi Mahabijaksana," yakni Dia-lah al-'Aziiz, yaitu yang tidak dikalahkan oleh sesuatu pun, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Dia-lah al-Hakim, yaitu Yang Mahabijaksana dalam setiap perbuatan dan ucapan-Nya. Dengan demikian, Allah akan meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, karena pengetahuan, kebijakan, dan keadilan-Nya.

===

Catatan Kaki:

531. Ibnu Abi Hatim (I/390).

532. Ibnu Abi Hatim (I/391).

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog