Skip to main content

Al-Muqaddimah Al-Ajurramiyyah (8)

Al-Muqaddimah Al-Ajurramiyyah (8)

فَالماضي مَفتوحُ الآخِرِ أبَدًا.
Fi'il madhi difathahkan akhirnya selamanya.

وَالأمرُ مَجزومٌ أبَدًا.
Fi'il amr dijazmkan selamanya.

وَالمُضارِعُ ما كانَ في أوَّلِهِ إحدَى الزَّوائِدِ الأربَعِ، الَّتي يَجمَعُها قَولُكَ: (أنَيتَ/أنَيتُ).
Fi'il mudhari' adalah apa yang pada awalannya terdapat salah satu dari empat (huruf) tambahan, yang terkumpul dalam perkataanmu: أنَيتَ / أنَيتُ.

وَهو مَرفوعٌ أبَدًا حَتَّى يَدخُلَ عَلَيهِ ناصِبٌ أو جازِمٌ.
Fi'il mudhari' dirafa'kan selamanya, sampai masuk padanya penashab atau penjazm.

فَالنَّواصِبُ عَشَرَةٌ،
'Amil-'amil nashab itu ada sepuluh.

وَهي: أن، وَلَن، وَإذَن، وَكَي، وَلامُ كَي، وَلامُ الجُحودِ، وَحَتَّى، وَالجَوابُ بِالفاءِ، وَالواوُ، وَأو.
Yaitu: أن "bahwa", لَن "tidak akan", إذَن "kalau begitu", كَي "supaya", lam kay (lam yabg artinya kay) "supaya", lam juhud (lam pengingkaran) "tidak", حَتَّى "hingga", dan al-jawab (jawab syarat) dengan fa', wawu dan أو.

وَالجَوازِمُ ثَمانِيَةَ عَشَرَ،
Dan 'amil-'amil jazm itu ada delapan belas.

وَهي: لَم، وَلَمّا، وَألَم، وَألَمّا، وَلامُ الأمرِ وَالدُّعاءِ، وَ(لا) في النَّهيِ وَالدُّعاءِ، وَإن، وَما، وَمَن، وَمَهما، وَإذما، وَأيٌّ، وَمَتَى، وَأيّانَ، وَأينَ، وَأنَّى، وَحَيثُما، وَكَيفَما، وَ(إذا) في الشَّعرِ خاصَّةً.
Yaitu: "tidak", "belum", "tidakkah", "belumkah", lam amr (lam untuk perintah) dan lam du'a (lam untuk permohonan) "hendaklah", laa nahyi (laa untuk larangan) dan laa du'a (laa untuk permohonan) "jangan", "jika", "apa", "siapa", "apapun", "kalau", "yang mana", "kapan", "kapan", "dimana", "bagaimana", "dimanapun", "bagaimanapun", dan "apabila" khusus dalam sya'ir.

===

مرجع:
Sumber:
شرح المقدمة الآجرامية
Syarh Al-Muqaddimah Al-Ajurramiyyah 
مصنف:
Pengarang:
الإمام محمد بن محمد بن آجرام الصنهاجي
Imam Muhammad bin Muhammad bin Ajurram Ash-Shinhajiy 
شارح:
Pensyarah:
الشيخ صالح بن عبد الله بن حمد العصيمي
Syaikh Shalih bin 'Abdillah bin Hamad Al-'Ushaimiy 

Popular posts from this blog