Skip to main content

Al-Muqaddimah Al-Ajurramiyyah (13)

Al-Muqaddimah Al-Ajurramiyyah (13)

وَأمّا إنَّ وَأخَواتُها فَإنَّها تَنخصِبُ الِاسمَ وَتَرفَعُ الخَبَرَ.
Adapun (inna) dan saudari-saudarinya, maka sesungguhnya ia menashabkan isim dan merafa'kan khabar.

وَهي: إنَّ، وَأنَّ، وَكَأنَّ، وَلَكِنَّ، وَلَيتَ، وَلَعَلَّ.
Yaitu: أنَّ , إنَّ "sesungguhnya", كَأنَّ "seperti", لَكِنَّ "akan tetapi", لَيتَ "seandainya", لَعَلَّ "semoga/jangan-jangan".

تَقولُ: (إنَّ زَيدًا قائِمٌ)، وَ(لَيتَ عَمرًا شاخِصٌ)، وَما أشبَهَ ذَلِكَ.
Kamu katakan: إنَّ زَيدًا قائِمٌ "Sesungguhnya Zaid berdiri", dan لَيتَ عَمرًا شاخِصٌ "Seandainya 'Amr hadir", dan apa-apa yang menyerupai demikian.

وَمَعنَى إنَّ وَأنَّ لِلتَّوكيدِ، وَكَأنَّ لِلتَّشبيهِ، وَلَكِنَّ لِلِاستِدراكِ، وَلَيتَ لِلتَّمَنِّي، وَلَعَلَّ لِلتَّرَجّي وَالتَّوَقُّعِ.
Makna إنَّ dan أنَّ untuk taukid (penekanan), كَأنَّ untuk tasybih (penyerupaan), لَكِنَّ untuk istidrak (mempertentangkan), لَيتَ untuk tamanni (berandai-andai), لَعَلَّ untuk tarajji (harapan baik) fan tawaqqu' (pengharapan yang diiringi kecemasan).

وَأمّا ظَنَنتُ وَأخَواتُها فَإنَّها تَنصِبُ المُبتَدَأ وَالخَبَرَ على أنَّهُما مَفعولانِ لَها.
Adapun ظَنَنتُ dan saudari-saudarinya, maka sesungguhnya ia menashabkan mubtada dan khabar karena keduanya maf'ul baginya.

وَهي: ظَنَنتُ، وَحَسِبتُ، وَخِلتُ، وَزَعَمتُ، وَرَأيتُ، وَعَلِمتُ، وَوَجَدتُ، وَاتَّخَذتُ، وَجَعَلتُ، وَسَمِعتُ.
Yaitu: ظَنَنتُ "Saya menyangka", حَسِبتُ "Saya mengira", خِلتُ "Saya membayangkan", زَعَمتُ "Saya menduga/mengira", رَأيتُ "Saya berpandangan/berpendapat", عَلِمتُ "Saya mengetahui", وَجَدتُ "Saya mendapati", اتَّخَذتُ "Saya mengambil/menjadikan", جَعَلتُ "Saya menjadikan", dan سَمِعتُ "Saya mendengar".

تَقولُ: (ظَنَنتُ زَيدًا مُنطَلِقًا)، وَ(رَأيتُ عَمرًا شاخِصًا)، وَما أشبَهَ ذلك.
Kamu katakan: ظَنَنتُ زَيدًا مُنطَلِقًا "Saya menyangka Zaid pergi", dan رَأيتُ عَمرًا شاخِصًا "Saya berpandangan/berpendapat 'Amr hadir", dan apa-apa yang menyerupai demikian.

===

مرجع:
Sumber:
شرح المقدمة الآجرامية
Syarh Al-Muqaddimah Al-Ajurramiyyah 
مصنف:
Pengarang:
الإمام محمد بن محمد بن آجرام الصنهاجي
Imam Muhammad bin Muhammad bin Ajurram Ash-Shinhajiy 
شارح:
Pensyarah:
الشيخ صالح بن عبد الله بن حمد العصيمي
Syaikh Shalih bin 'Abdillah bin Hamad Al-'Ushaimiy 

YouTube: @aryambary

Popular posts from this blog