Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (16)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Dari riwayat Abu Shalih langsung dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dengan lafadz,

"Kami adalah umat terakhir dan pertama pada hari Kiamat, dan kami umat yang pertama masuk Surga. Kendatipun mereka (umat-umat sebelum kami) telah diberikan (kepada mereka) sebuah kitab suci, dan kami pun diberikan sebuah kitab (Al Qur`an) setelah mereka. (Akan tetapi) kemudian mereka berselisih, dan Allah memberikan hidayah-Nya kepada kami..." (Al Hadits)

Kemudian diriwayatkan pula oleh Muslim dan Bukhari dalam bab "Jum'at" dan bab "Bani Israil" dari riwayat Thawus dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dengan lafadz,

"Kami adalah umat yang terakhir dan terdahulu pada hari Kiamat, mereka telah diberikan kitab..." (HR. Ibnu Qayyim)

Ia menisbatkan hadits ini kepada Bukhari dan Muslim dalam kitab "Haadi Al Arwah" (1/178) dengan tambahan lafadz, serta mengganti kata ganti orang ketika dengan "dia dan mereka". Dan As-Suyuthi juga menyebutkannya dalam kitab "Al Khashaish" (3/249) bab, "Keistimewaan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bahwa umatnya akan masuk Surga sebelum yang lain masuk", dan bab sebelumnya. Tetapi dia tidak menyebutkannya dalam bab tersebut sebuah keterangan yang baik, kecuali dalam hadits dari Hudzaifah yang merupakan inti argumentasinya, walaupun tidak diterangkan secara jelas.

Perlu diingat, bahwa ada tiga orang ulama yang telah salah dalam meriwayatkan seputar hadits ini, yaitu:

1. Penulis naskah asli buku ini (Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi) yang menggabungkan hadits ini dengan tambahan hadits yang lain).

2. Al Hafizh As-Suyuthi, yang menisbatkan hadits ini hanya kepada Ibnu Majah (3/244). Ini merupakan kesalahan fatal yang dilakukan olehnya karena tidak dibenarkan untuk menisbatkan sebuah hadits yang telah disebut dalam Shahih Bukhari dan Muslim (kedua-duanya atau salah satunya), dengan menisbatkannya kepada Imam lain. Walaupun Imam yang dinisbatkan tersebut merupakan figur yang masyhur atau terhormat.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog