Skip to main content

Kemuliaan Rasulullah (13)

Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul.

Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Muhammad Iqbal Kadir.

Dan firman lainnya yang berbunyi, 'Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al Furqan kepada hamba-Nya (Muhammad) agar menjadi pemberi peringatan bagi alam semesta.'

Di dalam sebuah hadits disebutkan,

'Aku telah dianugerahi lima keutamaan yang belum pernah ada seorang Nabipun diberi hal serupa sebelum aku diutus: Aku ditolong dari rasa takut dalam perjalanan satu bulan, bumi telah dijadikan sebagai tempat bersujud dan bersuciku, siapa saja dari umatku yang mendapati tibanya waktu shalat, hendaknya dia melakukan shalat, harta rampasan perang dihalalkan bagiku; Nabi terdahulu hanya diutus kepada kaumnya, sedangkan aku diutus kepada seluruh umat manusia dan aku diberikan wewenang memberikan syafa'at di hari Kiamat.' (HR. Bukhari Muslim dan lain-lain dari riwayat Jabir radhiyallahu 'anhu. Hadits ini telah ditakhrij dalam kitab "Irwa Al Ghalil", halaman 285, hadits no. 2)"

Para Nabi memperoleh pahala dakwah yang (telah langsung) disampaikannya dalam dakwah kepada umatnya, dan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam akan mendapatkan pahala seperti yang mereka dapatkan. Hanya saja beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam akan mendapatkan pahalanya sesaat setelah beliau melaksanakan dakwahnya, serta pahala yang berhubungan dengan dakwahnya tersebut (pahala yang tidak langsung).

Dalam hal ini Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Dan seandainya Kami menghendaki, niscaya Kami utus seorang pemberi peringatan di setiap negeri." (QS. Al Furqaan (25): 51)

Pesan implisit (tersirat) dari ayat tersebut adalah, andai diutus pada setiap negeri seorang pemberi peringatan -sebagaimana diutusnya beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam-, niscaya dia akan memperoleh pahala dakwah yang disampaikannya kepada penduduk negeri tersebut.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Bidayatu As-Suul fi Tafdili Ar-Rasul, Penulis: Imam Ibnu Abdussalam As-Sulami Asy-Syafi'i Ad-Dimasyqi, Pentahqiq: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Kemuliaan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Penerjemah: Muhammad Iqbal Kadir, Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman, Sri Yulyastuti, Penerbit: Najla Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, September 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog