Skip to main content

Iman Terdiri dari Tujuh Puluh Cabang Lebih | Tingkatan Kedua: Iman | Tingkatan-tingkatan Din | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Kedua.

Ma'rifatud Din.
Mengenal Dinul Islam.

Tingkatan kedua iman 1). Iman itu berjumlah antara 73 sampai 79 cabang. Cabang yang tertinggi adalah ucapan (syahadat) "La ilaha illallah", sedangkan yang terendah adalah menyingkirkan gangguan 2) dari jalan. Rasa malu 3) juga merupakan salah satu cabang iman.

Syarah:

1) Menurut bahasa kata "iman" mempunyai arti pembenaran (at-tashdiq). Sedangkan dalam pengertian syar'i, iman adalah keyakinan (i'tiqad) dengan hati, pengucapan dengan lisan serta mengamalkan(nya) dengan anggota badan. Sedangkan cabangnya berjumlah antara 73 hingga 79 cabang.

2) Yakni melenyapkan "gangguan", yaitu segala sesuatu yang dapat mengganggu orang lewat, apakah berupa bebatuan, duri-durian, sampah, kotoran, sesuatu yang berbau tak enak, dan semisalnya.

3) Malu adalah suatu sifat atau perasaan spontanitas yang akan muncul pada diri orang yang mempunyai sifat malu itu, dan ia akan menghalangi seseorang dari melakukan perbuatan yang bertentangan dengan muru'ah (kesopanan, kehormatan).

Untuk menyatukan antara pernyataan penulis rahimahullah bahwa iman itu berjumlah antara 73 hingga 79 cabang dengan pernyataan beliau bahwa iman itu memiliki enam rukun, maka dapat kami jelaskan sebagai berikut. Iman yang merupakan akidah memiliki enam asas, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Jibril 'alaihis salam tatkala menanyakan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam tentang iman, dan Nabi pun menjawab, "Iman yaitu kamu beriman kepada Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, Hari Akhir serta beriman kepada takdir baik dan buruk."

Sedangkan iman yang meliputi amal perbuatan dengan segala macam jenisnya itu mempunyai cabang antara 73 hingga 79 cabang. Oleh karena itu, Allah 'Azza wa Jalla menamakan shalat sebagai (bagian dari) iman. Yaitu dalam firman-Nya:

"... Allah tidak akan menyia-nyiakan begitu saja akan 'iman' kalian..." (Al-Baqarah [2]: 143)

Para mufassir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan 'iman' di sini adalah shalat menghadap ke Baitul Maqdis. Sebab, para sahabat sebelum mendapat perintah untuk menghadap ke Ka'bah, mereka melaksanakan shalat dengan menghadap ke Baitul Maqdis.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog