Skip to main content

Ushuluts Tsalatsah yang Wajib Diketahui oleh Setiap Manusia | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Apabila anda ditanya, apakah tiga ushul 1) yang harus diketahui oleh manusia? 2) Maka jawablah: Hendaklah seorang hamba mengenal Rabbnya 3), agamanya 4), dan Nabinya yaitu Muhammad saw. 5)

Syarah:

1) "الأصول" (al-ushuul) adalah jamak dari "أصل", artinya sesuatu yang di atasnya dibangun sesuatu yang lain. Contohnya: "أصل الجدار", artinya fondasi dinding; "أصل الشجرة", artinya pokok pohon yang dari situ bercabang dahan-dahan. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat thayibah, seperti pohon yang baik, pokoknya kokoh dan cabangnya (menjulang) ke langit." (Ibrahim [14]: 24)

Tiga ushul yang diisyaratkan oleh penulis rahimahullah adalah tiga pertanyaan pokok yang akan dipertanyakan kepada manusia saat ia berada di kubur, yaitu "Siapa Rabbmu? Apa agamamu? Dan siapa Nabimu?"

2) Penulis rahimahullah mengemukakan masalah ini dalam bentuk pertanyaan agar manusia memperhatikannya dengan sungguh-sungguh. Sebab ini merupakan prinsip agung. Beliau mengatakan bahwa ini merupakan tiga prinsip yang harus diketahui oleh manusia, karena ketiganya merupakan pokok-pokok pertanyaan yang akan diajukan kepada seseorang saat ia di kuburnya. Setelah dikuburkan dan sahabat-sahabatnya meninggalkannya, ia didatangi oleh dua Malaikat. Kedua Malaikat itu mendudukkannya dan bertanya, "Siapa Rabbmu? Apa agamamu? Siapa Nabimu?" Jika ia mukmin, maka ia akan menjawab, "Rabbku Allah, agamaku Islam, dan Nabiku Muhammad." Adapun orang yang bimbang dan munafik akan menjawab, "Haha, hah, aku tidak tahu. Aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu, maka aku ikut mengatakannya."

3) Ada beberapa sebab yang menjadikan seseorang mengenal Allah (ma'rifatullah):

* Memperhatikan dan memikirkan makhluk-makhluk Allah 'Azza wa Jalla. Itu bisa menjadikan seseorang mengenal-Nya serta mengenal keagungan kekuasaan-Nya, kesempurnaan kekuatan-Nya, kebijaksanaan-Nya, dan rahmat-Nya. Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi, serta segala sesuatu yang diciptakan Allah...?" (Al-A'raf [7]: 185)

Allah 'Azza wa Jalla juga berfirman:

"Katakanlah, 'Sesungguhnya aku hendak memperingatkanmu tentang suatu hal saja, yaitu supaya kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri, kemudian memikirkan'." (Saba' [34]: 46)

Allah 'Azza wa Jalla juga berfirman:

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, serta silih bergantinya siang dan malam terhadap tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal." (Ali 'Imran [3]: 190)

"Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang serta apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa." (Yunus [10]: 6)

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia menghidupkan bumi sesudah mati (kering)nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, serta pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, sungguh terdapat tanda-tanda bagi kaum yang memikirkan." (Al-Baqarah [2]: 164)

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini

Daftar Buku Perpustakaan Ini

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog