Skip to main content

Rabb adalah yang Berhak Diibadahi | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Ma'rifatur Rabb.
Mengenal Rabb (Allah).

Rabb adalah yang berhak diibadahi 1). Dalilnya adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Wahai manusia 2), sembahlah Rabbmu Yang telah menciptakanmu 3) dan orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa 4). Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan 5) bagimu dan langit sebagai atap 6), dan Dia menurunkan air 7) (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu 8); karena itu jangan mengadakan tandingan 9) bagi Allah, padahal kamu mengetahui 10)." (Al-Baqarah [2]: 22). Ibnu Katsir rahimahullah 11) berkata, "Hanya Pencipta makhluk-makhluk itulah yang berhak diibadahi."

Syarah:

1) Penulis rahimahullah mengisyaratkan kepada firman Allah:

"Sesungguhnya Rabbmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingat, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Mahasuci Allah, Rabb semesta alam." (Al-A'raf [7]: 54)

Hanya Rabb itulah yang berhak diibadahi atau yang diibadahi dikarenakan Dia berhak. Bukan berarti setiap yang diibadahi itu Rabb. Tuhan-tuhan selain Allah yang diibadahi dan dianggap tuhan oleh penyembahnya, bukan Rabb. Rabb adalah pencipta, pemilik, dan pemelihara segala urusan.

2) Seruan ini ditujukan kepada semua manusia. Allah memerintahkan mereka beribadah kepada-Nya. Tidak ada sekutu bagi-Nya, maka janganlah mereka menjadikan sekutu sebagai sesembahan selain Allah. Allah menjelaskan bahwa Dia berhak diibadahi karena Dia satu-satunya Pencipta.

3) Firman-Nya, "Yang telah menciptakanmu", adalah sifat yang menjelaskan alasan pernyataan sebelumnya. Artinya, beribadahlah kepada-Nya karena Dialah yang telah menciptakanmu. Karena Dia adalah Rabb Yang Menciptakan, maka kamu semua wajib beribadah kepada-Nya. Karena itu, kami mengatakan, siapa saja yang mengakui rububiyah Allah, maka ia harus beribadah kepada-Nya saja. Jika tidak demikian, berarti ia telah melakukan hal yang bertentangan dengan pengakuannya.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog