Skip to main content

Kajian Ramadhan: Klasifikasi Manusia dalam Menjalankan Puasa (3)

Kajian Ramadhan

Kajian Keenam

Klasifikasi Manusia dalam Menjalankan Puasa (3)

Golongan ketiga: Orang gila. Yaitu orang yang hilang akal sehatnya. Orang seperti ini tidak berkewajiban menjalankan puasa berdasarkan hadits yang telah disebutkan di depan: "Pena diangkat dari tiga golongan... dan seterusnya." (Al-Hadits)

Puasa yang dilaksanakannya tidak sah, karena ia tidak punya akal yang bisa ia gunakan untuk memahami sesuatu dan untuk meniatkan 'ibadah yang dilakukannya, sedangkan 'ibadah itu tidak sah bila tanpa niat. In berdasarkan sabda Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Sesungguhnya 'amal perbuatan itu tergantung kepada niat, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan."

Jika kadang-kadang gila dan kadang-kadang sadar, maka ia wajib menjalankan puasa pada saat ia sadar, dan tidak wajib ketika ia gila. Jika ia tiba-tiba gila di tengah hari, maka puasanya tidak batal, seperti halnya ketika ia pingsan karena sakit atau lainnya. Sebab, ia telah meniatkan diri untuk mengerjakan puasa, dan ketika ia berbuat itu masih dalam keadaan berakal dan dengan niat yang benar (memenuhi syarat). Tidak ada dalil yang menunjukkan batalnya puasa yang dilakukannya, khususnya jika diketahui bahwa kegilaannya itu bersifat insidental (muncul pada saat-saat tertentu). Dengan demikian, ia tidak berkewajiban mengqadha jam-jam ketika ia gila. Jika seseorang yang gila itu sadar pada siang Ramadhan, maka ia wajib berpuasa pada sisa jam-jam berikutnya di hari itu pula, karena ketika itu ia menjadi orang yang punya kewajiban untuk melaksanakan puasa, dan ia tidak wajib mengqadha. Ini sama halnya dengan anak kecil ketika kemudian ia menjadi baligh, atau orang kafir jika ia kemudian masuk Islam.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog