Skip to main content

Kajian Ramadhan: Keutamaan Membaca al-Qur-an dan Macam-macamnya (4)

Kajian Ramadhan

Kajian Kelima

Keutamaan Membaca al-Qur-an dan Macam-macamnya (4)

Oleh karena keutamaannya itu, maka membacanya menjadi bagian, dari rukun shalat. Shalat tidak akan menjadi sah tanpa membaca surat al-Fatihah. Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca al-Fatihah."
(Mutafaqun 'alaih)

Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu juga meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Siapa yang mengerjakan shalat tanpa membaca surat al-Fatihah, maka shalatnya menjadi gugur." Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengatakannya sampai tiga kali.

Pernah ditanyakan kepada Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, "Kami (para Shahabat) mengerjakan shalat di belakang imam?" Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu kemudian berkata, "Bacalah al-Fatihah itu dalam batinmu."
(Hadits Riwayat Imam Muslim)

Surat-surat lainnya yang mempunyai keutamaan tersendiri adalah surat al-Baqarah dan surat Ali 'Imran. Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Bacalah surat az-Zahrawain, yaitu al-Baqarah dan Ali 'Imran. Karena sesungguhnya keduanya akan datang pada hari kiamat seperti dua buah awan atau seperti dua kawanan burung yang sedang terbang berbaris membela orang-orang yang biasa membacanya. Bacalah surat al-Baqarah karena membacanya membawa berkah sedangkan meninggalkannya akan menyebabkan penyesalan. Surat ini tidak akan bisa dibaca oleh para tukang sihir."
(Hadits Riwayat Imam Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah tidak akan bisa dimasuki oleh setan."
(Hadits Riwayat Imam Muslim)

Sebab, di dalam surat al-Baqarah ini terdapat ayat Kursi. Dalam hadits shahih disebutkan, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyatakan bahwa siapa saja yang membacanya di suatu malam, maka ia akan selalu mendapatkan penjagaan dari Allah dan tidak akan bisa didekati oleh setan hingga pagi. Diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma: Bahwa Jibril berkata ketika berada di sisi Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam: "Ini merupakan sebuah pintu yang dibukakan dari langit, yang sebelumnya tidak pernah dibuka sama sekali." Ia berkata: Lalu ada seorang Malaikat yang turun lalu datang kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan berkata:

"Bergembiralah dengan dua cahaya yang telah diberikan kepadamu yang belum pernah diberikan kepada seorang Nabi pun sebelummu, yaitu surat al-Fatihah dan penutup surat al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu huruf pun dari keduanya kecuali engkau pasti mendapatkannya."
(Hadits Riwayat Imam Muslim)

Surat lainnya yang mempunyai keutamaan khusus adalah surat al-Ikhlash. Dalam kitab Shahih al-Bukhari disebutkan riwayat dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda mengenai surat ini dengan bersabda:

"Demi Dzat yang menguasai jiwaku, sesungguhnya ia sebanding dengan sepertiga al-Qur-an."

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog