Skip to main content

Kajian Ramadhan: Hikmah Puasa (4)

Kajian Ramadhan

Kajian Kesembilan

Hikmah Puasa (4)

Hikmah puasa yang lainnya adalah bahwa orang yang kaya akan mengetahui sejauh mana kebesaran nikmat Allah yang telah dianugerahkan oleh-Nya. Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah memberikan nikmat kepadanya untuk bisa makan, minum dan bersetubuh, dimana banyak manusia lain yang tidak bisa menikmatinya. Dengan demikian ia akan memuji Allah atas nikmat ini serta bersyukur kepada-Nya atas kemudahan yang diberikan oleh-Nya. Selanjutnya ia akan ingat kepada saudaranya yang miskin yang barangkali selalu saja kelaparan sehingga tumbuh rasa kedermawanan dirinya untuk kemudian bersedekah, memberikan pakaian dan memenuhi kebutuhan orang miskin tersebut. Oleh karena itu Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi adalah di bulan Ramadhan, ketika Jibril sedang menemui beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam untuk saling memperdengarkan bacaan kitab suci al-Qur-an.

Puasa juga akan melatih kita untuk belajar mengekang jiwa, menguasainya, serta melatih untuk mampu menahan diri, sehingg kemudian ia akan bisa mengendalikan dan mengarahkannya kepada kebaikan dan kebahagiaan. Sebab, jiwa itu memang selalu saja mengajak kepada hal-hal yang buruk, kecuali yang dirahmati oleh Allah. Jika seseorang membiarkan jiwa lepas begitu saja, maka ia berarti mengantarkannya kepada kebinasaan, sedangkan jika mampu mengendalikan dan menguasainya, maka ia akan mampu menggiringnya kepada tingkatan yang paling tinggi.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog