Skip to main content

Klasifikasi Penyakit | Keajaiban Thibbun Nabawi

Bagian 3

Beberapa Pedoman Teori Pengobatan Nabawi

Tabib dan Metode Pengobatan

Klasifikasi Penyakit

Penyakit diklasifikasikan menjadi dua, yaitu penyakit hati dan penyakit badan.

Adapun pengobatan yang merupakan sarana kesembuhan hanya satu klasifikasi, yaitu pengobatan Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam, yaitu wahyu yang berasal dari Ath-Thobib (43) kepada Al-Habib shollallohu 'alaihi wa sallam. (44)

Ibnu Qoyyim (rohimahulloh) berkata, "Ada orang yang mengatakan, 'Apa kaitan ajaran Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam dengan persoalan ini, penjelasan tentang khasiat obat-obatan, prinsip-prinsip penyembuhan, dan penanganan urusan kesehatan?!' Pertanyaan ini mencerminkan kekurangpahaman tentang ajaran dan petunjuk yang dibawa oleh Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam. Pemahaman yang baik tentang Alloh dan Rosul-Nya, merupakan karunia yang dianugerahkan oleh Alloh kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya. Saya telah sampaikan kepada Anda tentang tiga prinsip pengobatan dalam Al-Quran.

Mengapa masih juga tidak percaya bahwa syariat Islam yang dibawa oleh Rosul yang diutus untuk memperbaiki urusan dunia dan akhirat ini mencakup juga kebaikan dalam aspek fisik, sebagaimana ia mencakup kebaikan dalam aspek hati (psikis)? Jangan karena tidak tahu, lalu menjadi antipati.

Andaikata seorang hamba dikaruniai penguasaan tentang Kitab Alloh dan Sunnah Rosul-Nya serta pemahaman sempurna terhadap teks-teks berikut konsekuensi-konsekuensinya, niscaya ia tidak membutuhkan keterangan-keterangan lain dan bisa menyimpulkan semua ilmu pengetahuan yang benar darinya." (45) Demikianlah kata Ibnul Qoyyim.

=====

43) Sang Tabib atau Sang Dokter, dalam hal ini adalah Alloh Subhanahu wa Ta'ala, -penerj.

44) Sang kekasih, dalam hal ini adalah Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam, -penerj.

45) Ath-Thibbun Nabawi, Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah, hal. 414.

=====

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Asy-Syifaa' min Wahyi Khaatamil Anbiyaa', Penulis: Aiman bin 'Abdul Fattah, Penerbit: Darush Shohifah, Cetakan I, 1425 H/ 2004 M, Judul Terjemahan: Keajaiban Thibbun Nabawi Bukti Ilmiah dan Rahasia Kesembuhan dalam Pengobatan Nabawi, Penerjemah: Hawin Murtadlo, Editor: Muhammad Albani, Editor Medis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan VIII, Nopember 2012 M.

Popular posts from this blog