Skip to main content

Surat Al-Faatihah (5) | Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim Juz 1

Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim.
Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah.

Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi rahimahullah.

Surat Al-Faatihah (5).
(Pembukaan).
Makkiyyah, 7 ayat.

Kemudian Imam Ahmad meriwayatkannya pula dari Ismail ibnu Umar, dari Ibnu Abu Dzi'b dengan lafaz yang sama.

Abu Ja'far Muhammad ibnu Jarir Ath-Thabari mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yunus ibnu Abdul A'la, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Dzi'b, dari Sa'id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

Surat Faatihah ini adalah Ummul Qur'an, Fatihatul Kitab, dan As-Sab'ul Matsani.

Al-Hafizh Abu Bakar Ahmad ibnu Musa ibnu Murdawaih mengatakan di dalam tafsirnya bahwa telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Muhammad ibnu Ziad, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Galib ibnu Harits, telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Abdul Wahid Al-Maushuli, telah menceritakan kepada kami Al-Mu'afa ibnu Imran, dari Abdul Hamid ibnu Ja'far, dari Nuh ibnu Abu Bilal, dari Al-Maqbari, dari Abu Hurairah (radhiyallahu 'anhu) yang menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin (surat Al-Faatihah) adalah tujuh ayat, sedangkan bismillaahir rahmaanir rahiim adalah salah satunya. Surat Al-Faatihah adalah As-Sab'ul Matsani, Al-Qur'anul 'Azhim, Ummul Kitab, dan Fatihatul Kitab.

=====

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim, Penulis: Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan dan Tahun, Judul Terjemahan: Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah, Penerjemah: Bahrun Abu Bakar Lc, H. Anwar Abu Bakar Lc, Penyunting: Drs. Ii Sufyana M. Bakri, Penerbit: Sinar Baru Algensindo, Bandung - Indonesia, Cetakan Ketiga, 2003 M.

Popular posts from this blog