Skip to main content

Surat Al-Faatihah (2) | Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim Juz 1

Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim.
Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah.

Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi rahimahullah.

Surat Al-Faatihah (2).
(Pembukaan).
Makkiyyah, 7 ayat.

Surat Al-Faatihah disebut pula Salat, karena ia merupakan syarat di dalam salat.

Surat Al-Faatihah dinamakan pula Syifa, seperti yang disebutkan di dalam riwayat Ad-Darimi melalui Abu Sa'id secara marfu', yaitu:

Fatihatul Kitab (surat Al-Faatihah) merupakan obat penawar bagi segala jenis racun.

Surat Al-Faatihah dikenal pula dengan nama Ruqyah, seperti yang disebutkan di dalam hadis Abu Sa'id yang sahih, yaitu di saat dia membacakannya untuk mengobati seorang lelaki sehat (yang tersengat kalajengking). Sesudah itu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada Abu Sa'id (Al-Khudri) (radhiyallahu 'anhu):

Siapakah yang memberi tahu kamu bahwa surat Al-Faatihah itu adalah ruqyah?

Asy-Sya-bi meriwayatkan sebuah atsar melalui Ibnu Abbas, bahwa dia menamakannya (Al-Faatihah) Asasul Qur'an (fondasi Al-Qur'an). Ibnu Abbas mengatakan bahwa fondasi surat ini terletak pada bismillaahir rahmaanir rahiim.

Sufyan ibnu Uyaynah menamakannya Al-Waqiyah, sedangkan Yahya ibnu Katsir menamakannya Al-Kafiyah, karena surat Al-Faatihah sudah mencukupi tanpa selainnya, tetapi surat selainnya tidak dapat mencukupi bila tanpa surat Al-Faatihah, seperti yang disebutkan di dalam salah satu hadis berpredikat mursal di bawah ini:

Ummul Qur'an merupakan pengganti dari yang lainnya, sedangkan selainnya tidak dapat dijadikan sebagai penggantinya.

Surat ini dinamakan pula surat Ash-Shalah dan Al-Kanz. Kedua nama ini disebutkan oleh Az-Zamakhsyari di dalam kitab Kasysyaf.

=====

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim, Penulis: Al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir Ad-Dimasyqi, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan dan Tahun, Judul Terjemahan: Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 Al-Faatihah - Al-Baqarah, Penerjemah: Bahrun Abu Bakar Lc, H. Anwar Abu Bakar Lc, Penyunting: Drs. Ii Sufyana M. Bakri, Penerbit: Sinar Baru Algensindo, Bandung - Indonesia, Cetakan Ketiga, 2003 M.

Popular posts from this blog