Skip to main content

Pendahuluan | Tawassul

At-Tawassul An Wa'uhu wa AhkamuhuA.

Tawassul.

Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Ustadz Aunur Rafiq hafizhahullah.

Ustadz Fariq Qasim Anuz hafizhahullah.

Pendahuluan.

Segala puji bagi Allah, Rabb seluruh alam. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga, para shahabat dan setiap orang yang mengikuti petunjuknya sampai hari Kiamat.

Pada mulanya buku ini berbentuk dua buah muhadharah (ceramah ilmiah) yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Nashiruddin Al-Albany kepada para pemuda Muslim, pada musim panas tahun 1392 H, di rumahnya (Mukhayyam Al-Yarmuk) di kota Damaskus Al-Faiha'. Di dalam kedua Muhadharah itu beliau membahas masalah tawassul dari segala seginya.

Ustadz Muhammad Nashiruddin Al-Albany adalah seorang yang dikenal luas dalam ilmunya dan berpandangan kritis, di samping sebagai seorang pakar di bidang penelitian hadits yang sulit dicari bandingannya sekarang ini.

Kajian yang sangat berharga ini benar-benar telah mengundang kekaguman para hadirin, karena ia merupakan kajian ilmiah yang akurat dan argumentasi yang kuat serta jelas, sehingga mereka dapat menerima hasil-hasil yang dicapainya dan pendapat yang disimpulkannya. Perlu dicatat, bahwa apa yang beliau kemukakan itu merupakan pendapat para imam mujtahid terdahulu -semoga Allah merahmati mereka.

Apa yang mendorong kami menyajikan kajian ini kepada kaum Muslimin, adalah karena melihat adanya faidah yang besar dan kebutuhan yang sangat mendalam terhadap penyebaran kajian ini, sebagai salah satu upaya untuk membebaskan kaum Muslim dari kesalahpahaman dan kerancuan besar yang melanda kebanyakan mereka, menyangkut masalah yang penting ini.

Ternyata Allah telah memudahkan semua itu -segala keutamaan dan karunia dari-Nya- yaitu dengan adanya beberapa ikhwan yang telah merekam kedua ceramah tersebut, kemudian menyumbangkan tenaga dan waktunya untuk memindahkannya ke dalam tulisan tangan yang jelas serta bagus. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan.

Kemudian tulisan tersebut saya periksa ulang dan saya perbaiki sehingga laik terbit. Saya tambahkan pula beberapa hal yang cukup penting, di samping saya berikan pula catatan (nomor) ayat-ayat dan hadits-hadits yang tercantum di dalamnya.

Sesudah itu Ustadz Al-Albany memeriksa risalah tulisan tangan yang pernah ditulisnya sejak hampir dua puluh tahun sebelumnya, dengan judul At-Tawassul wa Ahaditsuhu. Risalah ini merupakan serial yang pernah diterbitkan dengan judul Tasdidu Ishabah ila Man Za'ama Nushrata Khulafai Rasyidin wash-Shahabah. Di dalamnya beliau membantah sebagian tukang bid'ah dan khurafat yang suka mengecam, berdusta atau nama kaum salaf dan memutar-balikkan fakta secara tidak ilmiah dan menyimpang dari prinsip keikhlasan, di dalam berbagai risalah yang mereka terbitkan.

Kemudian Ustadz Al-Albany memperlihatkan risalah tersebut kepada saya untuk dipelajari. Di dalamnya saya dapati berbagai faidah yang sangat berharga, dan hal-hal yang perlu ditambahkan pada kedua muhadharahnya itu. Maka saya tambahkan padanya dan saya susun sedemikian rupa dengan membuang apa yang sudah tidak diperlukan. Akhirnya, seluruh pembahasan tersebut saya perlihatkan kepada Ustadz Al-Albany dalam bentuknya yang baru untuk diperiksa dan diperbaiki, (dengan memberikan tambahan penjelasan dan perbaikannya). Maka terbitlah risalah dalam bentuknya yang ringkas, padat dan komprehensif dengan taufik dan karunia Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sekarang saya sajikan risalah ini kepada pembaca, dengan harapan mudah-mudahan para pembaca memperoleh kebaikan dan manfaat darinya. Semoga Allah mencatatkan untuk penulis dan penerbitnya pahala yang banyak. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala amal shalih dapat disempurnakan. Hanya Dialah Pelindung kita, dan hanya Dialah sebaik-baik tempat berserah diri.

Damaskus, 27 Rabi'ul Awwal 1395.

Muhammad 'Ied Al-Abbasi.

Baca selanjutnya:

Daftar Isi Buku Ini.

Daftar Buku Perpustakaan Ini.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: At-Tawassul An Wa'uhu wa AhkamuhuA, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Tawassul, Penerjemah: Ustadz Aunur Rafiq hafizhahullah, Penyunting: Ustadz Fariq Qasim Anuz hafizhahullah, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Ketiga, April 2003 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog